Bimtek yang Dilakukan Tingkatkan Kualitas dan Membuat Produk Lebih Menarik

Kaltim, Kutai Timur736 Dilihat

SANGATTA. Berbagai binbingan Tekni (Bimtek) dan pelatihan yang dilakukan Dinas Koperasi Usaha mikro, kecil menengah (UMKM) sejak tahun 2023, telah membuahkan hasil. Baik meningkatkan kualitas, meningkatkan kapasitas produksi bahkan membuat produk-produk mereka lebih menarik. Demikian dikatakan Kabid Pembinaan UMKM Diskop Kutim Pasombaran.

“Bimbingan teknis, pelatihan yang kita lakukan selama ini sudah membuat produk UMKM lebih berkualitas, meningkatkan kapasitas, termasuk membuat kemasan lebih menarik dengan tampilan kemasan yang bagus,” kata Sombaran belum lama ini

Disebutkan, melalui Dinas Koperasi, UMKM  telah dan akan terus memberikan pelatihan bagi UMKM dari terutama bagi wirausaha pemula, dari berbagai kecamatan di Kutim.

Disebutkan, hasil yang telah dicapai selama ini adalah pelaku UMKM, yang memiliki keseriusan untuk mengembangkan usahanya mikin baik, dimana kualitasnya makin bagus. Selain itu, penampilan dari produk, terutama produk makanan juga makin menarik. Dikemasan itu sudah dicantumkan PIRT, bahkan ada yang kini pakai barcode. Dengan demikian, produk UMKM Kutim sudah bisa bersaing dengan produk UMKM dari daerah lain.

Disebutkan, dari sekian banyak para pelaku  UMKM yang saat ini menjadi salah satu penggerak roda perekonomian, baik di tingkat daerah maupun secara nasional harus memenuhi persyaratan yang menjadi standar produk yang bisa di pasarkan oleh pemerintah.

“Baik itu, ijin edar, sertifikasi halal, PIRT, NIB.  Pribadi maupun usaha. Nah, ini yang akan kita coba intervensi dan dorong agar mereka (UMKM) bisa memenuhi itu,” jelasnya.

Dikatakan, dengan demikian, pelaku UMKM, tidak hanya sekedar mampu menghasilkan maupun memasarkan produk semata. Namun juga mampu memiliki standar untuk menjamin keamanan sebuah produk yang akan dipasarkan kepada masyarakat. (Kiky/ADV)