Menuju Masyarakat Kutim yang Berkualitas, DP2KB Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan

Kaltim, Kutai Timur1049 Dilihat

Sangatta, – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kutai Timur (Kutim) mengadakan sosialisasi tentang penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) pada hari Rabu (5/6/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan tentang pentingnya GDPK dan untuk mendapatkan masukan dalam proses penyusunannya.

Acara dibuka oleh Asisten 1 Sekkab Kutim, Poniso Suryo Renggono. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa setiap daerah, termasuk Kutim, diwajibkan menyusun Grand Design Pembangunan Kependudukan yang didasarkan pada 5 pilar. Kelima pilar tersebut adalah, Pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pembangunan keluarga, penataan dan persebaran serta pengarahan mobilitas penduduk, penataan data dan informasi kependudukan serta administrasi kependudukan

“Dengan menerapkan 5 pilar ini, diharapkan GDPK Kutim mampu mewujudkan pembangunan yang adil, merata, dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Kutim,” kata Poniso Suryo Renggono.

Lebih lanjut, Poniso menegaskan pentingnya internalisasi GDPK dalam perencanaan pembangunan di seluruh tingkatan. Hal ini bertujuan untuk memberikan masukan dalam perencanaan pembangunan, mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

“Internalisasi Grand Design ini dilakukan melalui rencana strategis dan rencana kerja instansi pemerintah,” jelasnya.

Poniso juga yakin bahwa proses perencanaan pembangunan memerlukan integrasi antara variabel demokrasi dan demografi.

“Oleh karena itu, penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan ini diharapkan dapat menyediakan kerangka dan panduan untuk mengintegrasikan berbagai variabel kependudukan ke dalam berbagai proses pembangunan,” pungkasnya. (*/ADV)