Diskop UKM Kutim Bakal Gelar Roadshow Promosi di 12 Titik

Kaltim, Kutai Timur824 Dilihat

SÁNGATTA – Dinas Koperasi (Diskop) dan Usaha, Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tahun akan melakukan roadshow Promosi  UMKM sebanyak 12 kali. Ini berkurang disbanding tahun 2023 lalu sebanyak 18 kali. Bazar pertama telah dilaksanakan pada saat bulan  Ramadhan lalu, di helipat, kantor Bupati Kutim.  

Kepala Dinas Koperasi UMKM Kutim Tegu Budi Santoso didampingi Kabid Usaka Kecil Menengah Pasombarang mengatakan, seperti tahun lalu, bazar dan promosi UMKM ini sekaligus digunakan sebagai media untuk kurasi dan inkubasi  produk UMKM. Dalam  bazar ini, Dinas Koperasi masih bermitra dengan GENPRO,   sebagai konsultan dalam rangka seleksi produk untuk memasuki pasar nasional bahkan internasional.

“pelaksanaan Bazar tahun ini masih kerja sama dengan GENPRO, seperti tahun lalu,” kata Sombaran saat ditemui di Ruang kerjanya, Rabu (22/5/2024)

Disebutkan, tujuannya bazar ini untuk meningkatkan promosi usaha atau produk-produk UMKM lokal. Disebutkan, dalam promosi ini akan kerja sama dengan Perangkat Daerah (PD) terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Disperindag dan lainnya, bahkan TP PKK Kutim dan Dekranasda Kutim juga turut.

“Hasil kolaborasi ini diharapkan dapat menampilkan, mempromosikan maupun membantu usaha mikro kecil menengah untuk melakukan pemasaran produk mereka dengan baik.  Dimana Dinas koperasi membackup dan mendorong pelaku usaha mikro untuk lebih maju lagi,” Jelasnya

Disebutkan, sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Kutim bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya.

“Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak termasuk konsultan pendamping yaitu GENPRO yang melakukan pendampingan kepada pelaku usaha bersamaan dengan kegiatan bazar,” Tutupnya (*/ADV)