2024 Dinas Koperasi UMKM, Bakal Laksanakan Bimtek Hingga 23 Kali

Kaltim, Kutai Timur1138 Dilihat

SANGATTA. Dinas Koperasi (Diskop) dan Usaha, Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Tahun ini kembali akan melakukan bimbingan Teknis (Bimtek ) terhadap UMKM di Kutim. Tak tanggungung, bimtek akan dilakukan sebanyak 23 kali. Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi UMKM Kutim Tegu Budi Santoso melalui Kabid UMKM Dinas Koperasi Kutim Pasombaran.

“Tahun 2024 ini, kami akan melakukan Bimtek sampai 23 kali. Bimtek ini termasuk pelatihan-pelatihan yang akan dilakukan terhadap UMKM,” jelas Pasombaran di ruang kerjanya.

Dijelaskan, beberapa pelatihan yang akan diikuti UMKM antara lain adalah pelatihan manajem usaha, pelatihan pemasaran, termasuk pemasaran online, pelatihan perizinan, serta pelatihan pengembangan usaha melalui stategi pemasaran online.

Selain itu, juga masih akan  ada pelatihan package “pelatihan package dilakukan dengan harapan dengan kemasan yang lebih baik, bermutu akan menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk membeli produk tersebut. Terutama terhadap produk-produk makanan, yang selama ini masih menggunakan kemasan yang biasa-biasa saja, bahkan transparan, maka setelah pelatihan mereka  menganti dengan kemasan yang lebih bagus.  Diharapkan akan menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli produknya,” harap Pasombaran.

Pasombaran mengakui, jika tahun ini kembali akan melakukan pelatihan hingga 23 kali karena memang pemerintah sangat mendukung pelatihan yang dilakukan terhadap UMKM. Dimana tahun ini, khusus untuk bidang yang dipimpinya, pemerintah mengalokasikan anggaran senilai Rp10 miliar.

“tahun ini kami didukung anggaran sebanyak Rp10 miliar. Karena itu kami kembali menggelar pelatihan-pelatihan dengan harapan akan meningkatkan kapasitas UMKM di Kutim agar mampu bersaing baik tingkat daerah , nasional hingga tingkat Internasional,” Ucapnya  (j/ADV)