Wabup Kutim Minta Generasi Muda Siap Hadapi Tantangan Bonus Demografi

Kaltim, Kutai Timur934 Dilihat

Kutai Timur,– Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi momen penting untuk meneguhkan semangat juang dan mempersiapkan generasi muda dalam menyongsong era baru, khususnya dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang usai memimpin upacara peringatan Harkitnas di Halaman Kantor Bupati Kutim, Senin (20/5/2024). Beliau menekankan pentingnya memanfaatkan bonus demografi dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi era IKN.

“Saya ingin garis bawahi, digitalisasi dan bonus demografi merupakan dua hal yang tidak boleh dipisahkan. Kita harus menjadikan ini sebagai program prioritas ke depan, dengan fokus utama pada bonus demografi,” tegas Kasmidi Bulang.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa IKN di Kaltim akan membuka berbagai peluang baru, namun juga menghadirkan tantangan yang tidak kalah besar. Oleh karena itu, generasi muda di Kutim harus dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan mental yang mumpuni agar mampu bersaing dan mengambil manfaat dari keberadaan IKN.

“Kita harus menyiapkan generasi muda kita agar siap bersaing di daerah kita sendiri. Karena Kaltim akan menjadi sorotan nasional dengan adanya IKN, dan tidak menutup kemungkinan Kutim akan menjadi daerah penyangga,” Ucapnya. Karena itu, Kasmidi  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam mempersiapkan generasi muda Kutim menghadapi era IKN. “Oleh sebab itu kita harus menciptakan orang hebat kedepan khususnya Putra Putri kita. Yang sekarang sudah menempuh pendidikan di Universitas atau Perguruan Tinggi harus kita bekap lagi, seperti melalui program beasiswa, atau mungkin disekolahkan kembali keluar, dan ketika pulang bisa menjadi orang hebat,” Tuturnya (*/ADV)