Pemkab Kutim Siap Optimalkan Peran Satpol PP

Kaltim, Parlementaria927 Dilihat

Sangatta, – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menyambut baik pandangan Fraksi Partai Demokrat terkait dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran serta ketertiban umum. Hal ini disampaikan dalam Rapat Paripurna ke-25 Masa Sidang II tahun 2023-2024, pada Selasa (15/5/2024).

Menjadikan Raperda Pilar Pencegahan Kebakaran

Asisten 1 Sekkab Kutim, Poniso Suryo Renggono, yang mewakili Pemerintah Kutai Timur, mengapresiasi usulan Fraksi Demokrat untuk menjadikan Raperda ini sebagai landasan pencegahan dan antisipasi bahaya kebakaran.

“Raperda ini akan mencakup sistem proteksi kebakaran dan penyelamatan yang menyeluruh, termasuk rencana pencegahan, penanggulangan, dan penyelamatan,” jelas Poniso Suryo Renggono

Lebih lanjut, Poniso menegaskan komitmen Pemkab untuk melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, dalam pemenuhan sarana dan prasarana pemadam kebakaran.

Optimalisasi Peran Satpol PP untuk Ketertiban Umum

Menyinggung kesiapan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai penegak ketertiban, Pemkab menyatakan akan mengoptimalkan perannya dalam pengawasan, penegakan peraturan daerah, pemeliharaan ketertiban umum, dan pengamanan masyarakat.

“Pemerintah Kutai Timur sependapat dengan Fraksi Demokrat bahwa konsistensi semua pihak diperlukan untuk mewujudkan ketertiban umum dan ketenteraman. Diharapkan kerjasama dan kesepakatan antara Pemkab dan fraksi politik dapat menjadikan Raperda ini sebagai instrumen yang efektif untuk melindungi dan memastikan keamanan masyarakat Kutai Timur,” pungkas Poniso (j/ADV)