3 Koperasi di Kutim Naik Kelas Menjadi Koperasi Modern, Siap Bersaing di Era Digital

Kaltim, Kutai Timur1466 Dilihat

Sangatta, – Kabar gembira datang bagi dunia perkoperasian di Kutai Timur (Kutim). Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Perkoperasian telah menetapkan 3 koperasi di Kutim sebagai koperasi modern. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim, Teguh Budi Santoso, dalam acara Gebyar Koperasi 2024 yang diadakan di Lapangan Helipad Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Ketiga koperasi yang beruntung tersebut adalah:

Koperasi Taruna Mandiri di Kecamatan Kaubun

Koperasi Usaha Tani Sejahtera di Kecamatan Muara Wahau

Koperasi K3 PT KPC Sangatta

Penetapan ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi perkoperasian di Kutim. Hal ini menunjukkan komitmen kuat untuk mengikuti perkembangan zaman dan meningkatkan daya saing koperasi di era digital.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim, Teguh Budi Santoso, menyambut baik pencapaian ini dan berharap dapat menjadi inspirasi bagi koperasi dan UMKM lain di Kutim untuk bertransformasi menjadi modern.

“Saya harap ini menjadi motivasi bagi koperasi dan UMKM lain di Kutim untuk berbenah dan bertransformasi menuju digital. Transformasi digital ini penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional koperasi dan UMKM, serta membuka peluang pasar yang lebih luas,” ujar Teguh.

Teguh menambahkan bahwa pihaknya akan terus mendorong dan memfasilitasi koperasi dan UMKM di Kutim untuk bertransformasi digital.

“Dinas Koperasi dan UKM akan terus melakukan pendampingan, pelatihan, dan fasilitasi akses teknologi bagi koperasi dan UMKM,” jelas Teguh.

Transformasi digital koperasi dan UMKM di Kutim diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan kontribusi mereka terhadap perekonomian daerah. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat untuk menjadikan koperasi dan UMKM sebagai pilar utama perekonomian nasional. (*/ADV)