KPU Kutim Resmi Launching Tahapan Pilkada Kutim 2024

Kaltim, Kutai Timur1052 Dilihat

Sangatta – Komisi pemilihan umum (KPU) secara resmi melaunching tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutim 2024, di ruang meranti kantor Bupati Kutim, Sabtu (4/5/2023)

Launching tahapan pemilu tersebut ditandai dengan peluncuran maskot Pilkada Kutim Sepasang Singa, oleh Bupati Kutim, Ketua KPU, beserta Forkopimda, perwakilan Parpol dan undangan secara bersama-sama menyaksikan detik-detik peluncuran maskot Pilkada Kutim 2024.

Acara peluncuran tahapan pemilihan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Ketua KPU Kutim Siti Akhlis Muafin, Kaban Kesbangpol Kutim Tejo Yuwono, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, serta perwakilan partai politik, FKUB, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta ratusan undangan dari berbagai kalangan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan apresiasinya terhadap informasi yang disampaikan oleh KPU kepada masyarakat, mengenai tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024. Dia juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi serta mengajak seluruh warga Kutim. Dari partai politik maupun non-partai politik, untuk ikut serta dalam menyukseskan tahapan pemilihan tersebut.

Dengan dimulainya tahapan pemilihan tersebut, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik, sehingga terpilihlah pemimpin yang terbaik bagi Kutim. Selanjutnya dengan dimulainya tahapan ini, maka tentu setelah peluncuran, tahapan Pilkada sudah dimulai, terutama peserta perorangan atau dengan kata lain tanpa partai politik.

“Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik, mudah-mudahan ini juga memberikan satu makna demokrasi bagi kita semua. Karena kita berharap bahwa perjalan demokrasi itu semakin tahun semakin memberikan makna yang mendalam bagi masyarakat, bagi bangsa dan negara, terkhusus kita yang berada di Kutai Timur,” sebut Ardiansyah.

Usai sambutan, Ketua KPU Kutim Siti Akhlis Muafin mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kutim dan semua pihak yang telah mendukung kelancaran acara tahapan Pilkada kali ini. Dia juga mengungkapkan kebanggaannya atas tingginya partisipasi masyarakat Kutim dalam pemilu serentak dan pemilihan Bupati serta wakil bupati pada tahun 2024.

“Peluncuran tahapan pemilihan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutim tahun 2024 ini tentu akan menjadi momentum dalam menyukseskan pemilu yang kondusif dan terpilihnya pemimpin Kutim berintegritas,” sebutnya.

Sebelumnya juga dijelaskan olehnya, perihal pelantikan unsur KPU Kutim. Sesuai SK KPU RI Nomor 387 Tahun 2024 tentang Pengangkatan KPU Kutim Periode 2024-2029, pada 24 Maret 2024. Disampaikan juga bahwa dalam penyelenggaran pemilu serentak, tingkat partisipasi pemilih Pilpres dan Wapres mencapai angka 79,14 persen, DPD RI 79,14 persen, DPR RI 78,69 persen, DPRD Provinsi Kaltim 78,57 persen serta DPRD Kutim partisipasi publik 78,69 persen.

“Dengan demikian tentu saja ini sangat membanggakan. Harapan kita pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 bisa ditingkatkan lagi,” harap Ketua KPU Kutim Siti Akhlais Muafin. (*)