Pesan Penting Mendikbudristek di Hardiknas 2024: Merdeka Belajar Berlanjut, Menuju Sekolah Impian

Kaltim, Kutai Timur829 Dilihat

Sangatta, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Kutim, Kamis (2/5/24). Upacara yang mengusung tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman yang bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia Nadiem Makarim yang dibacakan oleh Bupati Ardiansyah, terungkap bahwa Program Merdeka Belajar telah memberikan perubahan positif bagi pendidikan Indonesia.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” ungkap Mendikbudristek.

Beliau menambahkan bahwa Merdeka Belajar telah membuka ruang bagi mahasiswa untuk berkarya dan berkontribusi, serta mendorong seniman dan pelaku budaya untuk terus berekspresi.

Mendikbudristek menekankan pentingnya melanjutkan gerakan Merdeka Belajar sebagai perjalanan menuju perwujudan sekolah yang diidamkan.

“Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” serunya.

Beliau menitipkan Merdeka Belajar kepada para penggerak perubahan untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

Di akhir amanatnya, Bupati Ardiansyah mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga pendidik di Kabupaten Kutai Timur atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. (*/ADV)