May Day, Pemkab Kutim Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Buruh

Kaltim, Kutai Timur1031 Dilihat

Sangatta,– Memperingati Hari Buruh Internasional, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan hak-hak dan meningkatkan kesejahteraan para buruh di wilayahnya.

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, dalam sambutannya di polder Ilham Maulana, Sangatta Utara, pada Rabu (1/5/2024), menyampaikan ketegasannya untuk selalu terbuka dan siap berdialog dengan para pekerja terkait berbagai program dan kebijakan kesejahteraan buruh. “Pemkab Kutim selalu terbuka dan siap membicarakan apa saja mengenai program kesejahteraan buruh,” tegasnya.

Ardiansyah menjelaskan bahwa Pemkab Kutim telah membuat Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan sebagai landasan hukum dalam melindungi hak-hak para pekerja. Untuk memperkuat implementasi Perda tersebut, Pemkab Kutim segera mengeluarkan peraturan turunannya melalui Peraturan Bupati (Perbup).

“Perbup sudah ada, sekarang saya minta Disnakertrans mengawalnya,” perintah Ardiansyah kepada jajaran Disnakertrans.

Selain itu, Ardiansyah menegaskan bahwa pemerintah telah mengakomodir dua hak fundamental para pekerja, yaitu kesehatan dan upah minimum kabupaten (UMK).

“Dari data yang saya dapat, Disnakertrans telah menyelesaikan data BPJS kesehatan 45 ribu tenaga kerja yang belum bisa diakomodir perusahaan masing-masing pekerja,” ungkap Ardiansyah.

Melalui Perda dan Perbup, Pemkab Kutim menunjukkan komitmennya yang berkelanjutan dalam memenuhi hak-hak dan meningkatkan kesejahteraan para tenaga kerja di Kutim.

“Melalui komitmen dua peraturan yang ada, menjadi bukti nyata pemerintah dalam mensejahterakan para tenaga kerja,” ujar Ardiansyah.

Menambahkan komitmen Bupati, Kepala Disnakertrans Kutim, Roma Malau, menyampaikan bahwa dinasnya selalu terbuka kepada para tenaga kerja yang memerlukan bantuan dan kesulitan.

“Jika ada perusahaan yang belum memberikan jaminan sosial, kami siap mengakomodir,” tegas Roma. (*/ADV)