Jalan APT Pranoto Sangatta Utara Segera Diperbaiki, Dimulai Juli 2024

Kaltim, Kutai Timur928 Dilihat

Sangatta Utara, – Kabar gembira bagi masyarakat Sangatta Utara, Kutai Timur! Pengerjaan dan peningkatan Jalan APT Pranoto akan segera dimulai pada Juli 2024. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Timur, Aqla, dalam keterangannya, Kamis (25/4/2024).

Aqla menjelaskan bahwa proyek peningkatan Jalan APT Pranoto merupakan bagian dari program multi years contract (MYC) yang bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur jalan di Kutai Timur.

“Peningkatan Jalan APT tahun ini insyaallah akan dilaksanakan. Semua sudah siap, tinggal menunggu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) terbit. Kami targetkan pengerjaan dimulai paling mungkin pada Juli,” terang Aqla.

Lebih lanjut, Aqla menjelaskan bahwa keterlambatan pengerjaan program MYC di tahun-tahun sebelumnya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sistem penganggaran, keterlibatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan lain sebagainya.

“Banyak faktor yang menyebabkan keterlambatan, tidak hanya dari PU saja. Pertama, dari sistem penganggaran dan OPD yang beragam. Selain itu, ada juga kendala internal dari PU sendiri yang belum selesai dibenahi,” paparnya.

Untuk menghindari penumpukan pekerjaan di akhir tahun, Aqla mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan tender awal dan mempersingkat waktu tender melalui ekatalog.

“Kami akan melakukan tender awal sebelum DPA terbit. Namun, untuk kontrak, kami tetap harus menunggu DPA terbit,” katanya.

“Kami juga akan memanfaatkan ekatalog untuk mempersingkat waktu tender, sesuai dengan Perda atau Pergub,” pungkasnya.

Dengan dimulainya pengerjaan pada Juli 2024, diharapkan Jalan APT Pranoto dapat segera fungsional dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kutai Timur. (*)