Mobil Dicoret Hingga Karburator Sepeda Motor Hilang Di Pelabuhan Penyebrangan Pulau Miang

Kaltim, Kutai Timur1525 Dilihat

Pulau Miang – Kejadian tak terduga terjadi di Pelabuhan Penyebrangan Pulau Miang, Kecamatan Kaliorang. Kali ini, bukan hanya mobil yang diduga menjadi sasaran vandalisme, tetapi juga beberapa sepeda motor. Sebuah video yang memperlihatkan beberapa sepeda motor di pelabuhan tersebut kehilangan karburator dan bensinnya viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh salah satu pengguna media sosial pada Selasa (16/4/2024) dan telah disaksikan oleh ribuan orang. Dalam video tersebut, terlihat beberapa sepeda motor yang terparkir di pelabuhan dalam keadaan rusak. Karburatornya telah dilepas, dan bensinnya diduga disedot hingga kosong.

“Ai memang ini, hati-hati kalau kepulau miang ya, Hilang karbulator bensin habis disedot, ai dua motor, itu orang sana sipdernya hilang, plat KT-nya hilang,” kata seorang pemuda dalam video yang viral itu

Kejadian ini pun sontak membuat warga yang hendak ingin berlibur ke Pulau Miang mengaku resah dan khawatir kejadian serupa akan menimpa mereka.

“baru mau niat liburan kesana, sudah ada berita seperti ini, jadi batal deh, dari pada jadi korban,” Ucap Slamet Riyadi dalam komentar video itu

Selain itu, sejumlah natizen yang melihat video tersebut pun dibuat geram. Mereka mengecam aksi tersebut dan meminta pihak berwenang untuk segera menindaklanjuti kejadian ini.

“Auh merusak oknum yang begini, yang kena imbasnya secara tidak langsung pegelola resort dan penduduk asli pulau miang. Mereka berjuang mengembangkan pariwisata ditempatnya. Ini ada oknum malah meruskan citra baiknya. Para usut tuntas prilaku seperti itu dan berikan penjagaan yang optimal di penyebrangan sibalokan,” tulis Ardhan Nugraha di media sosial.

“Kami pengunjung tidak masalah di pungut biaya retribusi parkir dan sebagainya gantinya penjagaan demi kenyamanan dan keamanan bersama. Saya punya kesan buruk diparkiran mobil ini, mobil di gores orang sampai di belakang. Tapi sepertinya ini berulang. Wajib ambil sikap kayaknya,” tulis pengunjung lain bernama Slamet Riyadi.

Sementara itu Mput Arsya Zanzi juga mengaku jika kendaraan tersebut merupakan milik teman keponakannya asal kecamatan Bengalon. “Ini teman keponakanku di Bengalon, 6 Motor Kasian hilang karbu sama bensinya. Mereka jalan hari minggu jam 16.00 sore nyebrang kepulau miang niat untuk liburan, malah begini kasian,”Bebernya

Sekedar diketahui, sehari sebelumnya dua unit kendaraan roda empat yang diduga milik warga asal Berau juga menjadi korban vandalisme di pelabuhan yang sama. Mobil tersebut dicoret oleh orang tak bertanggung jawab. Kejadian tersebut diposting oleh Dhewi Astuti Yahya di media sosial Facebooknya.

“Mohon maaf atas nama keluarga besar kami dari berau, kami datang ke pelabuhan ini atas undangan keluarga besar dari pulau miang dan kami tidak melihat adanya tanda larangan parkir disini dan posisinya waktu kami parkir sudah larut malam sekitar jam 10. Mohon diperbaiki caranya menegur orang, sehingga tidak menimbulkan kekecewaan terhadap pengunjung,” Pungkasnya

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang terkait kejadian kehilangan karburator dan bensin di Pelabuhan Pulau Miang ini. Namun, beberapa warga menduga bahwa aksi tersebut dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. (*)