Pemkab Kutim dan BAZNAS Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Kampung Kajang

Kaltim, Kutai Timur1147 Dilihat

Sangatta Selatan – Kebakaran yang melanda Kampung Kajang di Kecamatan Sangatta Selatan pada Selasa (2/4/2024) pagi mengakibatkan enam rumah dan satu barakan dengan tujuh pintu hangus terbakar. Puluhan warga pun harus mengungsi.

Menanggapi musibah ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Sosial (Dinsos) bersama TP-PKK, BAZNAS Kutim, dan Perumdam TTB Kutim bergerak cepat memberikan bantuan sembako dan kebutuhan harian kepada para korban. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman kepada Ketua RT 05 Kelurahan Singa Geweh Untung.

Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan bahwa bantuan yang diberikan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) untuk korban kebakaran. BAZNAS menyediakan bantuan sembako atau uang tunai sebesar Rp 3 juta per kepala keluarga (KK). Dinsos membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, alat-alat rumah tangga, dan makanan siap saji. Bantuan serupa juga diberikan oleh Perumdam dan TP-PKK Kutim.

“Mudah-mudahan ada bantuan lain lagi untuk korban kebakaran ini,” ujar Bupati Ardiansyah.

Ia menambahkan bahwa terdapat 6 anak laki-laki dan 1 anak perempuan korban kebakaran yang masih bersekolah di SD, serta 2 anak SMP yang kehilangan semua kebutuhan sekolahnya. Bantuan berupa pakaian dan kebutuhan belajar lainnya akan diupayakan melalui Disdikbud atau BAZNAS.

Ketua RT 05 Kelurahan Singa Geweh, Untung, mengatakan bahwa warganya yang terkena musibah kebakaran kehilangan seluruh harta bendanya. Pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan para korban dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

“Jumlah korban kebakaran sebanyak 21 KK dengan 53 jiwa. Terima kasih atas bantuan yang diberikan, semoga bisa meringankan beban mereka,” kata Untung. (*)