Mudik Lebaran di Kutim Dijamin Aman, Ini Kata Bupati Ardiansyah

Kaltim, Kutai Timur1398 Dilihat

TERASKALTIM.ID, Sangatta – Polres Kutai Timur (Kutim) menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat (Ops Ketupat) 2024 di halaman Mapolres Kutim, Rabu (3/4/2024). Apel ini dipimpin langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic.

Apel ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah Kutim.

Sinergi TNI-Polri dan Pemkab Kutim

Bupati Ardiansyah mengatakan, apel ini merupakan wujud sinergi antara TNI-Polri dan Pemkab Kutim dalam menjaga keamanan dan kelancaran mudik dan Idul Fitri.

“Apel ini juga mengingatkan kembali dan menyamakan persepsi terkait dengan implementasi di lapangan sesuai arahan Kapolri dan rencana yang telah disiapkan,” ungkap Ardiansyah.

Masyarakat Kutim Diminta Tenang

Dengan adanya Ops Ketupat, Bupati Ardiansyah berharap masyarakat Kutim dapat melaksanakan Hari Raya Idul Fitri dengan khusyuk dan tanpa gangguan.

“Pribadi saya berharap di Kutai Timur, masyarakat bisa dengan tenang dalam rangka mudik Lebaran dan perayaan Idul Fitri, serta bersilaturahmi dengan sanak keluarga,” ujarnya.

Antisipasi Kebakaran Hutan

Selain pengamanan mudik dan Idul Fitri, TNI, Polri dan Pemkab Kutim juga fokus pada antisipasi potensi kebakaran hutan.

“Akan ada pos-pos yang dibangun dan diisi oleh unsur TNI, Polri, Pemkab Kutim, dan Basarnas. Masyarakat bisa melaporkan segala bentuk gangguan di pos tersebut,” jelas Ardiansyah.

Pengamanan di Titik-Titik Strategis

Sementara itu, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic menuturkan, dalam Ops Ketupat tahun ini, sekitar 600 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemkab Kutim diterjunkan.

“Kami mendirikan 3 pos pengamanan, yaitu Pos Pendidikan, Pos Kenyamukan, dan Pos Lombok. Pos Kenyamukan dan Lombok sering menjadi tempat keramaian saat hari raya Idul Fitri. Kami juga akan melakukan pengamanan di tempat-tempat rawan, pasar swalayan, dan kantor pemerintahan,” papar Ronni.

Pesan untuk Masyarakat

Bupati Ardiansyah dan Kapolres Ronni Bonic mengimbau masyarakat Kutim untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama mudik dan Idul Fitri. “Mari kita bersama-sama ciptakan suasana yang aman, nyaman, dan kondusif selama Idul Fitri 1445 Hijriah,” ajak mereka. (*/ADV)