Bupati Kutim Paparkan Capaian Pembangunan 2023 Dalam LKPJ

Kaltim, Kutai Timur1120 Dilihat

Sangatta, – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2023 dalam Rapat Paripurna ke 19, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim, pada Rabu (20/3/2024).

Dalam laporannya, Bupati Ardiansyah menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Kutim pada tahun 2023 mengalami perkembangan yang sangat baik, dimana tiga tahun sebelumnya terjadi penurunan akibat adanya pandemic Covid-19.

“Pertumbuhan ekonomi kutim pada tahun 2023 mengalami peningkatan, dimana tanpa migas dan batu bara sebesar 7,18 persen,” Kata Ardiansyah Sulaiman saat membacakan LKPJ dihadapan Anggota DPRD Kutim

Peningkatan ini, kata Bupati Ardiansyah Sulaiman, didorong oleh oleh pertumbuhan disektor pertambangan dan penggalian yang masih dominan menyumbangkan kontribusi sebesar 79,67 persen.

“Dari tinjauan ekonomi diatas, situasi positif yang terjadi adalah laju pertumbuhan ekonomi tahun 2023 lebih tinggi dari tahun 2022. Dengan pertumbuhan tertinggi pada sub sector pertanian dalam arti luas,” Ucapnya

Kondisi ini mengindikasikan bahwa upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan ekonomi daerah dengan mengurasi ketergantungan terhadap sumberdaya alam  semakin berdampak positif.

Namun, Bupati Ardiansyah juga menyadari bahwa masih ada target kinerja pemerintah daerah yang belum dicapai secara maksimal, baik pada tataran indicator makro maupun kinerja program dan kegiatan.

“Memperhatikan capaian kinerja yang belum diraih secara optimal, saya tetap optimis bahwa pengelolaan kinerja pemerintahan daerah berada dalam koridor rencana pembangunan nasional. Insha ALLAH uapaya meraih tata pemerintahan yang baik dan bersih akan lebih cepat terlaksana, jika kita semua senantiasa berada dalam kerangka etos kerja yang menjunjung integritas dengan semangat kebersamaan,” tegas Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kutim Joni, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Ardiansyah Sulaiman atas penyampaian LKPJ 2023.

“DPRD Kutim akan mempelajari LKPJ ini dengan seksama dan memberikan masukan dan saran untuk perbaikan kinerja pembangunan daerah di masa depan,” kata Joni

Rapat Paripurna DPRD Kutim ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Forkopimda Kutim, para kepala OPD, dan para anggota DPRD Kutim. (*)