Pemkab Kutim Gelar Konsultasi Publik RKPD 2025, Fokus Pemantapan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Kaltim, Kutai Timur1674 Dilihat

Sangatta, – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2025. Konsultasi publik ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, Rabu (5/3/2024).

Dalam sambutannya Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan bahwa pelaksanaan Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Kutim 2025 merupakan agenda wajib yang selaras dengan berbagai regulasi terkait perencanaan pembangunan nasional dan daerah.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur atas kelancaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, meskipun penuh dinamika. Ini menunjukkan kolaborasi yang baik antara pemerintah, aparat hukum, dan masyarakat dalam menjaga kondusifitas,” ujar Kasmidi.

Ia memaparkan bahwa berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekonomi Kutim tahun 2023 mencapai 7,71 persen, melampaui capaian tahun 2022 sebesar 7,20 persen. Prestasi ini perlu diiringi dengan peningkatan kesejahteraan dan pendapatan seluruh masyarakat Kutim.

RKPD 2025 mengangkat tema “Pemantapan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat untuk Mendukung Daya Saing Daerah”. Tema ini mengamanatkan pemerintah untuk fokus membangkitkan sektor ekonomi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kasmidi mengharapkan masukan yang positif dan konstruktif dari seluruh peserta. Ia menekankan agar Perangkat Daerah menjabarkan target Pemkab Kutim 2025 dalam Rencana Kerja (RENJA) PD dengan sasaran, program prioritas, dan indikator kinerja yang terukur dan didukung data relevan.

“Target pertumbuhan ekonomi Kutim tahun 2025 dipatok pada 2,10 persen, masih di bawah target Provinsi Kaltim sebesar 7,2 persen. Namun, melihat capaian tahun 2023, kita optimis bisa melampaui target tersebut,” harap Kasmidi.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Kegiatan Marhadin menjelaskan bahwa penyusunan Rancangan Awal RKPD 2025 merupakan implementasi RPJMD Kutim 2021-2026 dengan memperhatikan dinamika pembangunan, isu strategis, permasalahan, capaian kinerja tahun sebelumnya, dan kemampuan keuangan daerah.

Peserta Konsultasi Publik RKPD 2025 terdiri dari unsur Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD Kutim, seluruh Perangkat Daerah (PD) hingga tingkat kecamatan, serta lembaga dan organisasi terkait. (Copy3/*)