Listrik 24 Jam Hadir di Desa Senyiur, Tingkatkan Produktivitas Masyarakat

Kaltim, Kutai Timur1601 Dilihat

Muara Ancalong, – Sinergi antara Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dan PT PLN membawa berkah bagi ratusan warga Desa Senyiur, Kecamatan Muara Ancalong. Kini, mereka bisa menikmati listrik normal selama 24 jam sehari semalam, sama seperti masyarakat di perkotaan.

Peresmian jam nyala listrik PLN 24 jam di Desa Senyiur ini dilakukan oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman didampingi jajaran PT PLN Unit Pelaksana Layanan Pelanggan Bontang, Kadiskop UKM Teguh Budi Santoso, Camat Muara Ancalong Muhammad Harun Al Rasyid, Kades setempat serta ribuan warga sekitar. Peresmian dilakukan disela-sela kegiatan pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2023 Koperasi Perkebunan Rukmana Sari.

Sebelumnya, listrik di Muara Ancalong hanya beroperasi selama 14 jam. Asisten Manajer UP3 PLN Bontang Putut Handoko menjelaskan bahwa peningkatan layanan menjadi 24 jam ini melayani 763 pelanggan.

“Program ini berjalan lancar karena dukungan semua pihak. Terima kasih untuk sinergi elemen pemangku kepentingan, mulai dari Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Desa,” kata Putut.

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman sangat mengapresiasi kinerja PT PLN karena terus berupaya meningkatkan layanan listrik sebagai kebutuhan dasar masyarakat.

“Selamat kepada masyarakat yang sudah mendapat layanan listrik 24 jam. Selamat rumahnya sudah disetrum listrik,” kata Ardiansyah.

Dia berharap dukungan listrik 24 jam di Desa Senyiur dapat meningkatkan produktivitas masyarakat. Terjadi hubungan simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan antara masyarakat dan PT PLN. Biaya operasional masyarakat semakin hemat karena tak lagi menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan listrik.

“Dengan adanya listrik, masyarakat yang punya usaha turut dimudahkan dengan tidak menggunakan solar lagi dan dapat mengajak masyarakat untuk mempergunakan listrik dengan sebaik-baiknya,” ujar Ardiansyah.

Ia pun mengimbau warga agar menggunakan listrik dengan bijak dan hati-hati.

“Manfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya. Karena baru-baru ini terjadi kebakaran di Muara Pantun, (kecamatan) Telen, karena instalasi listrik, infonya arus pendek. Hati-hati, instalasi di rumah apabila listriknya sudah lawas (lama) lapor ke PLN untuk diremajakan,” imbuhnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata PLN kepada Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. (*)