Tim PORA se-Kaltim Gelar Rapat Koordinasi, Antisipasi Pengungsi Luar Negeri

Kaltim, Kutai Timur1342 Dilihat

Samarinda, – Dalam upaya mengantisipasi dan menangani potensi kedatangan pengungsi luar negeri, Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) se-Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Koordinasi di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Kamis (22/2/2024).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Timur (Kutim) Tejo Yuwono yang menghadiri rapat tersebut mengatakan, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Samarinda Washington Saut Dompak.

“Narasumber yang dihadirkan berasal dari Universitas Mulawarman Samarinda, Dinas Sosial, UNHCR, dan lembaga PBB Bidang Pengungsi. Pesertanya sendiri adalah seluruh instansi vertikal terkait dan OPD dari Kabupaten/Kota se-Kaltim,” jelas Tejo didampingi Kabid Wasnas M Yusufsyah.

Tejo menjelaskan, Tim PORA dibentuk untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing di wilayah masing-masing kabupaten dan kota di Kaltim. Tujuannya agar pemerintah daerah dapat membantu dan memantau pergerakan orang asing serta menyosialisasikannya kepada masyarakat.

“Pembentukan Tim PORA merupakan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, khususnya Pasal 69, yang mengatur tentang pengawasan Keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Indonesia,” ujar Tejo.

“Koordinasi dan rapat tim seluruh instansi sangatlah penting dalam pelaksanaan pengawasan orang asing. Kesbangpol Kutim hadir dalam kegiatan ini untuk mendukung dan bertukar informasi dengan daerah lain,” tambahnya.

Rapat Tim PORA ini diselenggarakan berdasarkan Surat Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI.5-GR.03.03-006 Tanggal 10 Januari 2024 tentang Pemanfaatan Forum Tim PORA Dalam Rangka Antisipasi Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri.

“Fokus utama rapat ini adalah membahas peran Tim PORA dalam mengantisipasi dan menangani pengungsi luar negeri,” pungkas Tejo. (Copy3/*)