40 Ton Pisang Kepok Grecek Kutim Tembus Pasar Jepang

Kaltim, Kutai Timur2541 Dilihat

Kaubun, – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman melepas secara simbolis ekspor 40 ton pisang kepok grecek ke Jepang pada Kamis (1/2/2024). Pisang unggulan Kecamatan Kaubun ini merupakan hasil perkebunan yang dikelola oleh Koperasi Taruna Bina Mandiri (TBM) Desa Kadungan Jaya.

Ardiansyah mengapresiasi upaya Koperasi TBM Kaubun dalam membuka pasar baru di luar negeri. Ia berharap ekspor ini dapat meningkatkan kualitas dan kontinuitas produksi pisang kepok grecek, serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kecamatan Kaubun.

“Ini bukti bahwa produk SDA Kutim bisa bersaing di pasar internasional,” tegas Ardiansyah.

Ketua Koperasi TBM Kaubun, Priyanto, mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan ekspor perdana ke Jepang ini. Ia menjelaskan bahwa 40 ton pisang kepok grecek tersebut diangkut menggunakan 8 truk dan akan diberangkatkan dari Pelabuhan Peti Kemas Kota Balikpapan.

Priyanto berkomitmen untuk terus menjaga kualitas dan kontinuitas produksi pisang kepok grecek agar dapat terus menembus pasar internasional.

“Kami ingin menunjukkan bahwa produk asli Kaubun ini memiliki kualitas yang sangat baik dan mampu bersaing di pasar global,” ujar Priyanto. Ekspor perdana pisang kepok grecek ke Jepang ini merupakan langkah maju bagi sektor pertanian di Kutai Timur. Diharapkan, ke depannya akan semakin banyak produk lokal Kutim yang mampu menembus pasar internasional. (Copy3/*)