Sangatta Utara Usulkan 80 Program Prioritas di Musrenbangcam, Fokus Pemantapan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Kaltim, Kutai Timur1107 Dilihat

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan Sangatta Utara pada hari Senin (29/1/2024) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Camat Sangatta Utara.

Musrembang ini merupakan forum musyawarah tahunan yang bertujuan untuk menyelaraskan usulan pembangunan dari tingkat desa/kelurahan dengan program dan kegiatan pembangunan daerah. Tema yang diusung pada Musrembang tahun ini adalah “Pemantapan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat untuk Mendukung Daya Saing Daerah”.

Beberapa program prioritas yang akan dibahas dalam Musrembang ini, seperti peningkatan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, dan drainase, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Saat membuka Musrembang, mewakili Bupati Kutim, Camat Sangatta Utara Hasdiah menyampaikan bahwa fokus pembangunan tahun 2025 akan diarahkan pada pemantapan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

dalam kesempatan itu juga, Camat Sangatta Utara Hasdiah dalam laporannya menyampaikan bahwa terdapat 80 program prioritas yang di usulkan kecamatan Sangatta Utara. Terutama program peningkatan jalan H Masdar dan Jalan Poros Kabo Jaya.

“Kemudian terkait peningkatan pelayanan air bersih di beberapa RT. Pasalnya hingga saat ini masih ada beberapa RT yang belum teraliri air bersih,” Kata Hasdiah

 Lebih lanjut, Hasdia menambahkan jika dalam musrmbangcam kali ini pihaknya juga mengusulkan beberapa program unggulan dari masing-masing Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Sangatta Utara, yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Kecamatan Sangatta Utara.

“Seperti pada Desa Sangatta Utara, terkait penguatan Ekonomi, Kelurahan Teluklingga Prioritas Unggulannya yakni Perikanan Air Tawar, untuk Singa Gembara kita berencana akan membuat kampung budaya dan Desa Swarga Bara itu kampung Batik. Jadi itu program-program yang akan kita usulkan ke tingkat Kabupaten,” Tuturnya kepada sejumlah awak media

Sekadar diketahui, Musrembang Kecamatan Sangatta Utara dihadiri oleh perwakilan dari OPD terkait, Forkopimcam Sangatta Utara, kepala desa/lurah, dan tokoh masyarakat. Musrembang ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan dan prioritas pembangunan di Kecamatan Sangatta Utara yang sejalan dengan visi dan misi pembangunan Kabupaten Kutai Timur. (*)