Pendidikan di Kutim Terus Membaik

Kaltim, Kutai Timur966 Dilihat

Sangatta, – Mutu pendidikan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat dari adanya panji keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Kutim dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) selama dua tahun terakhir.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, peningkatan mutu pendidikan di Kutim merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah. Hal ini tertuang dalam 7 program prioritas unggulan Pemkab Kutim, salah satunya bidang pendidikan.

“Dari beberapa indikator peningkatan mutu pendidikan yang ada, seperti pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan, serta akreditasi seluruhnya mengalami kemajuan dan berlangsung dengan baik,” kata Bupati Ardiansyah saat menjadi pembicara dalam acara podcast yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kutim, Rabu (17/01/2024).

Menurut Bupati Ardiansyah, salah satu faktor yang mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kutim adalah peningkatan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan. Selain gaji pokok, guru dan tenaga kependidikan juga menerima tunjangan sertifikasi dan tunjangan tambahan penghasilan (TPP).

“Ini membuat para guru merasa senang dan terus berinovasi dan lebih giat bekerja,” kata Bupati Ardiansyah.

Tak hanya itu, pemkab Kutim juga terus mendorong peningkatan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD). Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Pemkab Kutim dalam meraih penghargaan Panji Keberhasilan Pembangunan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Pemprov Kaltim pada tahun 2024 ini.

“Untuk meningkatkan mutu PAUD, Pemkab Kutim telah meminta Dinas Pendidikan Kutim untuk meningkatkan kualitas SDM guru PAUD,” kata Bupati Ardiansyah.

Terkait sarana dan prasarana pendidikan, Bupati Ardiansyah mengatakan, Pemkab Kutim terus meningkatkan pembangunan gedung sekolah dan ruang belajar serta fasilitas sekolah di seluruh Kutim.

“Pembangunan gedung sekolah dan ruang belajar serta fasilitas sekolah itu terus kita tingkatkan sampai saat ini juga,” kata Bupati Ardiansyah. (*)