IPLR Kutim Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Meningkatkan Peran Pemuda

Kutai Timur1307 Dilihat

Sangatta, – Ikatan Pemuda Luwu Raya (IPLR) Kutai Timur (Kutim) menggelar pelatihan jurnalistik selama dua hari, yaitu pada tanggal 13 dan 14 Januari 2024, di Kantor Media Kabaretam.com, Jalan Mulawarman Gang Nur Hidayah.

Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 20 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk mahasiswa, pelajar, dan pemuda yang aktif di organisasi kepemudaan IPLR di Kabupaten Kutai Timur.

Materi pelatihan meliputi dasar-dasar jurnalistik, penulisan berita, foto dan desain grafis, serta video jurnalistik. Peserta pelatihan juga diajak untuk praktik langsung menulis berita, memotret, dan membuat video jurnalistik.

Pelatihan ini menghadirkan para narasumber, khususnya dari para wartawan yang ada di Kota Sangatta, seperti wartawan senior Bonar dari Samarinda TV dan Kabaretam.com, Arif Munandar jurnalis Pelita Post, dan Asdar jurnalis senior dari Lensa Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Ketua IPLR Kutim, Akkas, Didampingi Ketua Panitia Hendra mengatakan bahwa pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu upaya IPLR untuk meningkatkan peran pemuda Kutim dalam pembangunan daerah.

“Kami berharap dengan pelatihan ini, pemuda Kutim dapat menjadi agen perubahan yang dapat menyampaikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Akkas.

Pada akhir pelatihan, peserta diberikan sertifikat pelatihan oleh Ketua IPLR Kutim. Peserta juga diajak untuk membuat komitmen agar kelak bisa menjadi jurnalis yang profesional dan berintegritas. (*)