Bupati Resmikan Pembangunan Fasilitas Pesantren Ar Rahilah

Kaltim, Kutai Timur1009 Dilihat

Teluk Pandan, – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman meresmikan pembangunan fasilitas pesantren berupa asrama dan MCK di Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rahilah Kecamatan Teluk Pandan, Kamis (10/1/2024).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan kunci asrama oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman kepada pendiri Pondok pesantren Ar Rahilah Tarmidi

Dalam sambutannya, Ardiansyah mengatakan bahwa pembangunan fasilitas pesantren ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Kutim dalam mendukung pendidikan agama di Kutim. Ia berharap, dengan adanya fasilitas yang memadai, para santri di Ponpes Ar Rahilah dapat belajar dengan lebih nyaman dan optimal.

“Pondok pesantren merupakan salah satu pilar penting dalam pendidikan agama. Oleh karena itu, Pemkab Kutim terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama di Kutim,” kata Ardiansyah saat memberikan sambutan

Pasalnya menurut Ardiansyah Sulaiman mendirikan pondok pesantren dan menjadi guru di pondok tidaklah mudah. “Terbukti kata pendiri pondok pesantren tadi, ada anak-anak yang tidak tahan di pondok, persoalannya apa ? persoalannya ketidak mampuan fasilitas, hampir semua pondok kita seperti itu. Tapi sejarah mencatat sejak dahulu kalah, banyak ulama besar kita dilahirkan dari pondok pesantren yang sederhana, pondok mereka tidak ada yang sempurna, tetapi mereka terus berikhtiar untuk terus belajar dan mengajari,” Ucap Ardiansyah Sulaiman

Karena itu, dirinya berharap apapun yang dilakukan pada hari ini, kelak bisa bermanfaat buat anak cucu kita kedepan. Termaksud, dalam peresmian pembangunan fasilitas di Pondok Pesantren Ar Rahilah ini.

Sementara itu, Pendiri Ponpes Ar Rahilah Tarmidi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kutim atas bantuan pembangunan fasilitas pesantren. Ia berharap, bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi para santri di Ponpes Ar Rahilah.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Kutim atas bantuan pembangunan fasilitas pesantren ini. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi para santri kami,” Imbuhnya

Pembangunan fasilitas pesantren berupa asrama dan MCK tersebut meliputi pembangunan asrama putra serta 9 unit MCK. Pembangunan fasilitas tersebut telah selesai dikerjakan pada tahun 2023 lalu.

Ponpes Ar-Rahilah saat ini memiliki jumlah santri sekitar 26 orang. Santri-santri di ponpes ini berasal dari berbagai daerah di Kutim dan luar Kutim.

Sekedar diketahui, dalam peresmian pembangunan fasilitas pesantren berupa asrama dan MCK ini, selain bupati melakukan peresmian Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman juga menyerahkan kunci lumbung jagung, serta menyerahkan 1 unit Cultivator kepada pondok pesantren Ar Rahilah. (*)