Warga Kampung Sidrap Mulai Banyak Buat KTP Kutim

Kaltim, Kutai Timur1459 Dilihat

Sangatta – Setelah bertahun-tahun lebih memilih untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Bontang, sejumlah warga Kampung Sidrap, Desa Martadinata, Kecamatan Teluk Pandan, saat ini mulai antusias untuk membuat KTP Kutim.

Hal ini terungkap saat berlangsungnya, Rapat Koordinas Pemantapan Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah (TP3D) oleh kepala Kepala Disdukcapil Kutim, Jumeah. Saat menanyakan hak suara sejumlah warga Kampung Sidrap yang telah memilih berpidah KTP ke Kutim, ke KPU Kutim.

“Lebih dari ratusan orang telah memilih pindah KTP ke Kutim, namun yang jadi masalah saat ini adalah yang pastinya saya tidak paham, dan itu ranah KPU Kutim apakah mereka dimasukkan di DPTB atau seperti apa. Apakah nanti mereka bisa ikut memilih atau tidak, soalnya disayangkan juga kalau mereka tidak bisa ikut memilih, soalnya ada ratusan. Terlebih proses fasilitasi yang kami lakukan tidak muda, ” tanya Kepala Disdukcapil Kutim ke KPU Kutim saat berlangsungnya rapat Koordinasi di ruang Arau Kantor Bupati Kutim, Senin (8/1/2024)

Lebih lanjut, ditemui usai rapat Jumeah menjelaskan jika banyaknya warga Kampung Sidrap saat ini memilih untuk ber-KTP Kutim lantaran adanya kerjasama yang dilakukan pemerintah dan adanya sosialisasi yang dilakukan langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman maupun Disdukcapil sendiri.

“Dan kami juga memberikan kemudahan dan fasilitasi bagi warga kampong Sidrap yang ingin ber-KTP Kutim. Sebenarnya fasilitasi lewat online siap kawal juga bisa cuman lebih memudahkan lagi kalau kami langsung yang turun ke lapangan. Mungkin dari itu banyak masyarakat yang tertarik dengan kemudahan yang itu tadi,”Tutur Jumeah kepada sejumlah awak media

Dijelasknya untuk saat ini ada sekitar kurang lebih 100 warga kampong sidrap yang memilih untuk ber-KTP Kutim, bahkan Menurut Juemah sampai hari ini, masih ada sejumlah warga kampung sidrap memilih untuk mengurus perpindahan KTP.

“Tadi ada lagi yang menelpon saya, bu tolong bantu saya. Tolong dibuatkan pindah datang untuk dibuatkan KTP, saya bilang siap, karena tugas kami memang melayani masyarakat.” Terangnya

Sementara itu, menanggapi dengan adanya ratusan warga kampung sidrap yang saat ini memilih untuk ber-KTP Kutim, menurut Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida jika dalam waktu dekat pihaknya akan segera berkoordinasi dengan KPU Bontang, terutama bagimana proses kependudukannya serta proses mutasi di aplikasi daftar pemilih.

“Tapi dari pemilu ke pemilu memang dinamika dikampung sidrap selalu ada, karena lokasinya beririsan langsung dengan bontang. Tapi pada prinsipnya KPU itu memvalisitasi pemilih itu berdasarkan data kependudukan,” Kata Ulfa Jamiatul Farida (*)