Pemkab Kutim Siapkan Suplemen bagi Petugas TPS Pemilu 2024

Kaltim, Kutai Timur1261 Dilihat

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berencana akan memberikan suplemen bagi petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak  yang jatuh pada tanggal 14 februari 2024 mendatang. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan stamina petugas TPS selama pelaksanaan pemilu.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengatakan bahwa suplemen tersebut akan diberikan kepada seluruh petugas KPPS, TPS, baik yang bertugas di TPS. Suplemen tersebut berupa vitamin, yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

“Akan kita bagikan ke mereka, karena berdasarkan pengalaman pada pemilu sebelumnya banyak petugas TPS yang menjadi korban. Jadi pemberian suplemen ini bagian dari bentuk antisipasi pemerintah,” Kata Basuni kepada media ini usai mengikuti Rapat Koordinasi pemantapan Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah (TP3D) dalam rangka pemilihan umum serentak Tahun 2024. di Ruang Arau Kantor Bupati Kutim, Senin (8/1/2023).

Terkait bagimana skema pelayanan kesehatan dilapangan nantinya, akan diatur langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten kabupaten Kutai Timur, dengan melibatkan tenaga kesehatan yang ada disetiap Kecamatan.

Sebelumnya, kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kutim, Fatimah menuturkan jika pada pemilu serentak mendatang, tepatnya sebelum  hari pencoblosan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur akan memberikan vitamin kepada seluruh petugas TPS, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Di tiap desa juga terdapat Puskesmas Pembantu (Pusban) disitu ada tenaga satu sampai dua orang, jadi saat hari H, 14 Februari kami pastikan di Pusban tenaga kesehatan akan stenbay, tidak keliling, pasalnya selain pemilu, pusban juga tetap memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” kata Fatimah saat berlangsungnya rapat koordinasi.

Dijelaskannya, jika nantinya para petugas TPS di tiap TPS akan memperoleh kurang lebih 3 sampai 5 vitamin dari perugas kesehatan yang bertugas di lapangan. Selain itu, saat perhitungan surat suara di tingkat Kecamatan, pihaknya juga akan mendirikan posko dengan dilengkapi peralatan dan petugas kesehatan.

“Kami akan mendirikan posko kesehatan dan tenaga kesehatannya akan diisi oleh tanaga kesehatan yang ada di Puskemas.” Tuturnya