Di HAB ke-78 Kemenag, Bupati Ingatkan ASN Jaga Netralitas Jelang Pemilu

Kaltim, Kutai Timur1369 Dilihat

Sangatta, – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 dengan mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”. Apel peringatan yang digelar di Halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (3/1/2024), dipimpin langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Dalam amanatnya, Bupati Kutim mengajak seluruh ASN Kemenag Kutim untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan. Tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama tidaklah ringan, terutama menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

“Momen ini harus dapat memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama,” tegas Ardiansyah.

Ia juga mengingatkan bahwa ASN Kemenag Kutim memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

“Kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada kita semua,” tambah Ardiansyah.

Selain itu, Bupati Kutim juga mengajak ASN Kemenag Kutim untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat, terutama dalam menghadapi peristiwa politik, yakni Pemilihan Umum (Pemilu).

“ASN Kemenag Kutim harus menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan. Mari kita kawal Pemilu ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan,” ajak Ardiansyah.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharatnya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa.

“Jadikan Pemilu sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita,” tutup Ardiansyah. (copy)