Poktan Qoryah Mubarokah Jadi Contoh Ketahanan Pangan di Kutim

Kaltim, Kutai Timur1072 Dilihat

Teluk Pandan,– Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi Kelompok Tani (Poktan) Qoryah Mubarokah di Desa Suka Rahmat Kecamatan Teluk Pandan yang memanfaatkan potensi alam untuk ketahanan pangan.

Dalam kunjungan kerja ke Poktan Qoryah Mubarokah, Selasa (5/12/2023), Ardiansyah mengatakan bahwa Kutim memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk lahan pertanian seluas 20 hektare yang dikelola Poktan Qoryah Mubarokah.

“Poktan Qoryah Mubarokah ini sudah memanfaatkan lahan seluas 7 hektare untuk menanam berbagai macam tanaman pangan, seperti cabai, kangkung, dan sawi. Ini merupakan contoh yang baik bagi masyarakat Kutim untuk memanfaatkan lahan pertanian,” kata Ardiansyah.

Ardiansyah menambahkan, Pemkab Kutim sangat konsen terhadap ketahanan pangan, terutama di tengah kondisi dunia yang sedang menghadapi krisis pangan akibat perang Rusia dan Ukraina.

“Kita ingin semua lembaga terlibat dalam memberikan dukungan terhadap ketahanan pangan,” ujar Ardiansyah.

Ia mencontohkan program Kampung Sehat Gemar Menanam yang digalakkan Pemerintah Kota Sangatta Utara. Dalam program ini, masyarakat didorong untuk menanam tanaman pangan di halaman pekarangan rumah.

“Jangan sia-siakan halaman pekarangan. Tanam cabai, kangkung, atau sawi. Dengan begitu, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri,” kata Ardiansyah. (kopi9/kopi13/kopi3/*)