Wujudkan Aksi Perubahan, Diskop UKM Kutim Gelar Pelatihan Mengolah Buah dan Daging Jadi Prodak Unggulan

Kaltim, Kutai Timur1198 Dilihat

Sangatta, – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus gencar memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Hal ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, khususnya pemula, dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka, agar mampu menciptakan produk unggulan lokal yang berkualitas.

Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim, Darsafani, pada hari Senin (27/11/2023). Sebanyak 60 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan, seperti Muara Bengkal, Muara Ancalong, Busang, dan Batu Ampar, turut ambil bagian dalam program ini.

Mereka akan mendapatkan pelatihan dan keterampilan praktis dalam mengolah buah dan daging menjadi produk jadi yang sesuai dengan standar pemasaran.

Menurut Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kutim, Akhmad Asari SPD, pelatihan yang digelar dinas koperasi dalam rangka pelatihan pengolahan daging dan buah, merupakan rangkaian pelatihan yang dilakukan Dinas koperasi selama tahun ini. Hal ini dilakukan dengan harapan untuk meningkatkan mutu olahan produk daging dan buah yang dikelola UMKM agar lebih bermutu.

“Dalam pelatihan ini, pelaku UMKM diajari bagaimana mengolah daging dan buah agar menjadi produk makanan berkualitas,” jelasnya.

Diakui, pelatihan ini juga menjadi bagian dari aksi perubahan yang dilakukan Akhmad Asari dalam rangka mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) kepemimpinan administrator di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Kaltim.

“Kegiatan ini merupakan perwujudan dari judul yang saya buat yakni pendampingan terintegrasi UMKM Ungulan Kutim. Dalam hal ini disamping program Dinas Koperasi, juga merupakan aksi perubahan saya. Dalam hal ini kami terus mendampingi UMKM, baik dalam hal meningkatkan mutu produk olahan dengan bahan baku daging dan buah yang dilakukan UMKM, termasuk pemasaran, seperti ekspo di beberapa daerah. Ini pelatihan terakhir tahun 2023,” jelasnya. (*/ADV)