Pemkab Kutim Bangun BLKI Megah Tahun Depan

Kaltim, Kutai Timur1139 Dilihat

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur mengaku jika pada tahun 2024 mendatang akan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLKI) yang megah. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Kutai Timur, Ardianyah Sulaiman kepada sejumlah awak media belum lama ini,

Bahkan menurut Ardianyah Ardiansyah Sulaiman bahwa master plan untuk bangunan BLKI tersebut telah selesai. “Tahun depan, kita akan membangun BLKI. Jika para wartawan melihat master plan-nya, pasti akan terkesan,” Kata Ardiansyah Sulaiman kepada sejumlah awak media meskipun ia tidak menyebutkan berapa nilai rencana pembangunan BLKI.

Sementara itu, Kadisnakertrans Kutim, Sudirman Latief, menyatakan bahwa BLKI Kutim yang telah didirikan sejak tahun 2000 telah tidak layak lagi dan peralatan di dalamnya tidak sesuai dengan standar saat ini. Dengan semakin banyaknya calon pencari kerja yang akan menjalani pelatihan di BLKI, diperlukan perluasan bangunan dan peningkatan fasilitas pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

“Oleh karena itu, kami akan merevitalisasi BLKI dengan melakukan pembangunan skala besar pada tahun depan. Bahkan, sejumlah fasilitas telah dibangun di tempat tersebut sejak tahun ini,” jelas

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pengembangan fasilitas pelatihan diperlukan karena berdasarkan aturan Kementerian Tenaga Kerja, satu kelas pelatihan hanya dapat menampung 16 calon tenaga kerja. Namun, setiap tahun jumlah lulusan SMU dan SMK yang membutuhkan pelatihan cukup besar. Oleh karena itu, diperlukan penambahan kelas baru.

“Dalam upaya mencapai target penyerapan 10 ribu tenaga kerja setiap tahun sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten, kami membutuhkan pelatihan yang lebih massif. Karena itu, fasilitas tambahan yang lebih besar sangat diperlukan,” tambahnya. Dengan pembangunan BLKI yang megah ini, diharapkan akan ada peningkatan kualifikasi tenaga kerja di Kutai Timur serta memberikan peluang yang lebih baik bagi para pencari kerja dalam memasuki pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif. Pembangunan ini juga diharapkan dapat mendukung pencapaian target penyerapan tenaga kerja yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. (*/ADV)