Koperasi TBM Kaubun Jalin Kerjasama dengan Investor Mancanegara

Kaltim, Kutai Timur1126 Dilihat

TERASKALTIM.ID, Sangatta, – Koperasi Produsen Taruna Bina Mandiri (TBM) di Kecamatan Kaubun, Kutai Timur, Kalimantan Timur, kembali menjalin kerjasama dengan investor asing. Kerjasama ini disepakati dengan tiga investor dari tiga negara berbeda, yaitu Korea Selatan, Qatar, dan Dubai.

Nilai kontrak kerjasama tersebut mencapai Rp 17 miliar. Produk-produk yang menjadi andalan Koperasi TBM, yaitu amplang, kripik pisang, ikan asin, dan pisang kapok Grecek, menjadi primadona investor.

Ketua Koperasi TBM Priyanto mengatakan, kerjasama ini diperoleh saat dirinya mengikuti ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada Oktober lalu. Sejumlah produk Koperasi TBM yang dipamerkan dalam ajang tersebut mampu menarik perhatian para pengusaha dari mancanegara.

“Alhamdulillah, produk-produk kami diminati oleh investor dari Korea Selatan, Qatar, dan Dubai. Total nilai kontraknya mencapai Rp 17 miliar,” ujar Ketua Koperasi TBM Kaubun, Priyanto,

Produk-produk yang menjadi primadona investor dalam ajang TEI 2023 tersebut adalah amplang, keripik pisang, dan ikan asin. Pisang kapok Grecek juga turut menjadi produk yang masuk dalam kontrak kerjasama perdagangan yang dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).

Priyanto mengatakan, pihaknya sudah siap dengan bahan baku untuk memenuhi kebutuhan produksi produk-produk yang dipesan oleh investor. Untuk ikan asin, bahan bakunya berasal dari Muara Ancalong. Untuk keripik pisang, bahan bakunya berasal dari UMKM binaan Koperasi TBM Kaubun di Kecamatan Kaubun. Sedangkan untuk amplang, pihaknya tinggal meningkatkan produksinya.

Meskipun transaksi yang dihasilkan masih tergolong kecil untuk skala perdagangan internasional, Priyanto mengaku tetap bersyukur dan merasa optimis. Dengan upaya yang optimal di dukung dengan peningkatan kualitas produk yang dihasilkan, secara bertahap Kutim akan semakin dikenal dan diperhitungkan dalam kancah perdagangan internasional.

“Ini juga menjadi capaian yang luar biasa bagi kami, mengingat even ini baru pertama kali kita ikuti, dan kami terpilih hasil seleksi oleh Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Timur,” kata Priyanto.

Kerjasama yang terjalin antara Koperasi TBM Kaubun dengan tiga investor dari tiga negara berbeda tersebut merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pelaku UMKM di Kutim untuk terus meningkatkan kualitas produknya dan memperluas pasarnya ke luar negeri. (*/ADV)