Kegiatan di Sekolah Jangan Terlalu Membebani Orang Tua

Kutai Timur655 Dilihat

TERASKALTIM.ID, Sangatta – Kegiatan di sekolah merupakan hal yang penting untuk menunjang proses belajar mengajar. Pasalnya setiap kegiatan akan dapat membantu setipa siswa-siswi untuk mengembangkan potensi mereka, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Namun, kegiatan-kegiatan tersebut juga diharapkan tidak terlalu membebani orang tua murid. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kutim Mulyono usai mengikuti pembukaan pesta karya ke-9, SMP Negeri 1 Sangatta Utara beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Kutai Timur Mulyono mengaku jika disetiap kesempatan dirinya selalu menghimbau kepada seluruh sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan, agar setiap kegiatan dilaksanakannya di sekolah agar tidak membebani orang tua murid.

“Saya selalu berpesan bahwa semua kegiatan bagus untuk dilaksanakan tapi jangan terlalu membebani orang tua. Saya tidak mau sedikit-sedikit sekolah minta ke orang tua murid. Kalau mau buat program silakan di susun dengan baik, kalau perlu mereka (Sekolah red) yang support penuh, tetapi bukan berarti orang tua tidak diajak,” kata Kepala Dinas Pendidikan mulyono kepada sejumlah awak media beberapa waktu yang lalu

Sehingga hal itu tidak menimbulkan stigma negative di masyarakat, bahwa banyak kegiatan namun justru orang tua murid yang harus menjadi berkorban. “Tapi orang tua juga harus punya andil, supaya merasa memiliki.” Terang Mulyono

Karena itu, sekolah dan orang tua murid perlu berkolaborasi untuk mendukung kegiatan di sekolah. Sekolah perlu menyediakan berbagai kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa, sedangkan orang tua murid perlu mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan di sekolah. (*/ADV)