Bupati Kutim Resmikan Pembangunan Jalan dan Serahkan Bantuan Mobil Damkarhutla

Kaltim, Kutai Timur797 Dilihat

Busang, – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman bersama Bunda PAUD Hj Siti Robiah melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Busang pada Selasa (31/10/2023). Dalam kunjungan tersebut, Bupati meresmikan beberapa proyek pembangunan, di antaranya Peningkatan Jalan Penghubung Desa Long Pejeng – Long Lees- Long Nyelong sepanjang 1,226 kilometer dan penyerahan bantuan mobil operasional Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Damkarhutla) kepada Tim Damkarhutla Busang.

Peningkatan Jalan Penghubung Desa Long Pejeng – Long Lees- Long Nyelong merupakan salah satu program pembangunan prioritas di Kecamatan Busang. Jalan tersebut merupakan akses utama masyarakat di tiga desa tersebut untuk menuju pusat kecamatan. Dengan adanya peningkatan jalan ini, diharapkan dapat mempermudah mobilitas masyarakat dan meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut.

Selain meresmikan pembangunan jalan, Bupati juga menyerahkan bantuan mobil operasional Damkarhutla kepada Tim Damkarhutla Busang. Bantuan mobil tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan Tim Damkarhutla dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Bupati mengajak masyarakat untuk memulai Germas dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya. Germas merupakan gerakan kesadaran kolektif yang dilakukan bersama-sama untuk berperilaku sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

“Marilah kita memulai Germas ini dari diri kita, keluarga, dan lingkungan kita sendiri. Germas ini sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengampanyekan atau menggaungkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasan dan perilaku yang kurang sehat. Tentu dengan dukungan program infrastruktur yang memadai,” ujar Bupati.

Ardiansyah menekankan tujuan utama Germas yakni menurunkan kasus penyakit dan beban pembiayaan kesehatan. Serta menghindarkan penurunan produktivitas penduduk.

“Ingat, kita tetap harus tetap menjaga perilaku hidup dan pola makan. Salah satunya rutin berolahraga dan cek kesehatan. Apalagi di usia yang sudah tidak muda lagi,” kata Ardiansyah.

Menurut Ardiansyah, kesehatan adalah salah satu anugerah yang harus selalu dijaga. Dengan memiliki raga yang bugar, tentu saja akan menjadi salah satu faktor penting dalam menjalani aktivitas. Selain tetap memperhatikan lingkungan yang sehat dan bersih.

Di lokasi kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutim dr Bahrani berharap Germas bisa menjadi budaya bagi seluruh masyarakat, termasuk warga Busang. Sebab, dengan membiasakan pola hidup sehat ini, diharap usia manusia bisa menjadi lebih panjang dengan derajat kesehatan yang tinggi.

“Jadi percuma kalau umur panjang tapi di kursi roda, dengan berbagai penyakit yang dialami. Maka kita harus membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Kita harapkan, kita bisa berumur panjang dengan derajat kesehatan hidup yang baik,” ucap dr Bahrani. (*/ADV)