SMPN 1 Sangatta Utara Gelar Lomba Buat Tumpeng dalam Rangka Pesta Karya IX

Kaltim, Kutai Timur1010 Dilihat

TERASKALTIM.ID,Sangatta, – SMP Negeri 1 Sangatta Utara menggelar Pesta Karya IX bertajuk “KBUM Mutiara Bangsa, Terus Melaju Berkarya dan Berdaya Menuju Indonesia Maju”. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Dalam kegiatan ini, SMPN 1 Sangatta Utara menggelar berbagai lomba, salah satunya lomba membuat tumpeng. Lomba ini diikuti sebanyak 37 kelas mulai dari siswa kelas 7, 8, dan 9.

Para peserta diminta untuk membuat tumpeng dengan mengusung kearifan lokal. Tumpeng yang dibuat harus memenuhi unsur-unsur yang ada dalam tumpeng, yaitu nasi, lauk pauk, sayur, dan pelengkap.

Penilaian lomba ini dilakukan oleh juri yang terdiri dari guru dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kutim. Juri menilai berdasarkan kreativitas, kerapian, dan cita rasa dari tumpeng yang dibuat.

“Para pemenang lomba  nantinya masing-masing akan mendapatkan uang pembinaan dan piagam,” Kata Kepala Sekolah SMPN 1 Sangatta Utara Yetti Arika Desiviana Senin (30/10/2023)

Sementara itu salah satu dewan juri perwakilan sekolah Nur Andini menuturkan jika penilaian ini dilakukan mulai dari persiapannya, kekompakannya, berdasarkan kreativitas, kerapian, dan cita rasa serta sesuai dengan tema.

“Yang paling kami utamakan adalah sesuai dengan tema, kedua cita rasa, kebersihan dan kerjasama dengan orang tua pada saat menghias tumpengnya di stan tadi. Kalau yang di stan, dinilai kekompakan  pada saat menyusun, biasanya waktu menyusun memakan waktu berapa. Kalau yang tumpeng sesuai cita rasa dan kesesuaian dengan tema,” Tutupnya (*/ADV)