Ikut Expo Nusakraf 2023, Dinas Koperasi dan UKM Kutim Pamerkan Produk UMKM

Tak Berkategori674 Dilihat

TERAKALTIM.ID, Sangatta – Guna mengenalkan produk UMKM Balikpapan di kancah nasional, Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Expo Ekonomi Kreatif Nusantara 2023 atau Nusakraf 2023.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian ALKI II Zone Investment Forum 2023, yang merupakan inisiatif Pemerintah Kota Balikpapan untuk meningkatkan investasi di daerah yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Nusakraf 2023 menampilkan produk-produk unggulan dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berasal dari berbagai Kabupaten Kota di 11 provinsi di Indonesia. Termaksud di ikuti Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Kutai Timur, dengan tujuan untuk mempromosikan produk UMKM agar bisa naik kelas dan berdayasaing di pasar nasional maupun internasional.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dinas Koperasi Ahmad Asari mengatakan jika kegiatan Expo Ekonomi Kreatif Nusantara 2023 atau Nusakraf 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan yang diikuti Dinas Koperasi dan UKM Kutim untuk mewujudkan program Kementrian Dinas Koperasi dan UMKM terkait UMKM naik kelas.

“Jadi ada salah satu program yang kita laksanakan, expo dan bimtek yang dilaksanakan di Balikpapan ini,” Kata Ahmad Asari

Dijelaskannya, kegiatan Expo Ekonomi Kreatif Nusantara 2023 atau Nusakraf 2023, Dinas Koperasi dan UKM Kutim menampilkan berbagai macam produk UMKM, seperti produk kuliner dan kerajinan.

“Jadi produk-produk UMKM yang dipamerkan dalam kegiatan ini, berasal dari beberapa UMKM dari berbagai Kecamatan di Kutim,” Terangnya

Lebih lanjut, usai mengikuti pameran ini,  pihaknya berharap agar pasar UMKM di Kutim semakin luas dan bisa menarik para investor agar prodak UMKM bisa berdayasaing di pasar nasional maupun internasional.

“harapannya bisa menarik para investor, agar prodak-prodak umkm mampu menembus pasar internasional.” Tutupnya (*/ADV)