45 Peserta Pawai Kirab Budaya Tampilkan Keragaman Budaya Kutim

Kaltim, Kutai Timur1286 Dilihat

Sangatta, – Pawai Kirab Budaya dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berlangsung meriah. Kegiatan yang diikuti 45 peserta ini dilepas langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang di Jalan Margo Santoso, Minggu (22/10/2023) pagi.

Pawai kirab budaya ini menampilkan keragaman budaya dari masyarakat Kutim, mulai dari budaya Dayak, Kutai, Bugis, Melayu, hingga Tionghoa. Para peserta menampilkan kostum, atribut, dan tarian khas masing-masing daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah Sulaiman menyampaikan bahwa pawai kirab budaya ini merupakan upaya untuk mendukung kemajuan kebudayaan di Kutim.

“Diharapkan dengan adanya kirab budaya ini tentunya akan terjalin kebersamaan dan silaturahmi di antara instansi Perangkat Daerah (PD), swasta, seniman, budayawan, serta tokoh-tokoh dan masyarakat adat. Begitu pula dengan paguyuban pada khususnya dan masyarakat Kutim pada umumnya,” kata Ardiansyah kepada sejumlah awak media

Kegiatan ini juga didukung langsung oleh Polres Kutim, Satpol PP Kutim, Dinas Kesehatan Kutim, Dishub Kutim, Palang Merah Indonesia Kabupaten Kutim, dan PT Bank Danamon sebagai lokasi panggung kehormatan.

Rute pawai kirab budaya pada hari ini dimulai dari Jalan Margo Santoso sampai dengan Jalan Yos Sudarso dilanjutkan ke Jalan Karya Etam kemudian berlanjut ke Jalan Jenderal Sudirman dan finish di depan BPU Kecamatan Sangatta Utara. (*/ADV)