Bupati Groundbreaking Pembangunan IPA 10 Liter/Detik di Sangkima dan Teluk Singkama

Kaltim, Kutai Timur1363 Dilihat

TERASKALTIM.ID, Sangatta Selatan- Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman melakukan groundbreaking pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) 10 liter/detik di Desa Sangkima dan Teluk Singkama, Kecamatan Sangatta Selatan, Sabtu (21/10/2023). Pembangunan IPA ini merupakan salah satu program multi years Pemkab Kutim yang bersumber dari APBD II.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah mengatakan bahwa pembangunan SPAM ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan cakupan layanan air bersih di Kabupaten Kutim. Saat ini, cakupan layanan air bersih di Desa Sangkima dan Teluk Singkama baru sekitar 50%.

“Dengan dibangunnya SPAM ini, cakupan layanan air bersih di dua desa ini akan meningkat menjadi 100%,” kata Bupati Ardiansyah.

Bupati Ardiansyah juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Pertamina yang telah mengizinkan pembangunan SPAM ini di kawasannya.

“Terima kasih Pertamina sudah mengizinkan pembangunan intake di kawasannya. Untuk membanjiri desa Teluk Singkama dan desa Sangkima,” ujar Ardiansyah.

Kepala Dinas PUPR Kutim Joni Setia Abdi mengatakan bahwa pembangunan SPAM ini akan dilaksanakan selama dua tahun (2023-2024) dengan anggaran sebesar Rp 10 miliar.

“Pembangunan SPAM ini akan dilengkapi dengan infrastruktur pendukung yaitu reservoir, pompa distribusi, intake, dan jaringan pipa. Target pelayanan Desa Sangkima dan Teluk Singkama sebesar 800 sambungan rumah,” ujarnya.

Joni juga mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur air minum di Kecamatan Sangatta Selatan masih akan terus dilanjutkan pada tahun 2024.

“Saat ini, masih terdapat kekurangan jaringan air menuju airport, Teluk Lombok dan sekitar Teluk Kaba. Untuk ini, kami mohon dukungan bapak (Bupati Ardiansyah Sulaiman) untuk menyelesaikan infrastruktur air minum di Kecamatan Sangatta Selatan pada tahun 2024,” terangnya. (*/ADV)