Buka Bazar Di Teluk Panda, Bupati Harap Pendapatan UMKM Terus Meningkat

Kaltim, Kutai Timur, Paser1027 Dilihat

Telukpandan – Kegiatan Road Show Bazar Promosi UMKM terus bergulir. Kali ini sudah memasuki titik ke-15 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Teluk Pandan, Jum’at (22/9/2023) malam. Kegiatan bazar dibuka langsung oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menyampaikan bahwa Pemkab Kutim menerima insentif fiskal berupa dana sebesar Rp 9.306.588.000 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI). Karena telah berhasil menekan laju inflasi di Kutim.

“Hanya ada 2 daerah di Kaltim yang mendapatkan insentif fiskal yaitu Kabupaten Kutim dan Kukar. Alasannya sederhana yaitu penghargaan kinerja tahun berjalan bagi kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Salah satu upaya yang kita lakukan adalah menekan laju inflasi dengan berkeliling melaksanakan kegiatan bazar promosi UMKM di seluruh kecamatan yang ada di kutim,” ucap Ardiansyah.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa konsep kegiatan promosi bazar UMKM terinspirasi dari konsep yang diterapkan di Kabupaten Banyuwangi. Awalnya Kabupaten Banyuwangi adalah Kabupeten termiskin di Jawa Timur. Namun dengan konsep promosi bazar UMKM yang dilakukan oleh Bupati Banyuwangi pada saat itu. Dengan memberikan ruang dan waktu kepada para pelaku UMKM untuk hadir di setiap event-event yang telah dibuat.

“Pada kesempatan ini kembali saya tegaskan bahwa kegiatan ini akan terus kita lakukan setiap tahun dibeberapa tempat dan disemua kecamatan yang ada di Kutim,” tegasnya.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM Darsafani menjelaskan bahwa bazar promosi UMKM yang dilaksnakan dari titik pertama hingga titik ke-15 di Kecamatan Teluk Pandan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat Kutim.

“UMKM olahan yang hadir pada malam ini ada 4 desa, ada juga dari perusahaan. Nantinya hasil olahan yang dipromosikan oleh pelaku UMKM akan kita data dan yang lengkap perizinannya akan kita ikutkan ke promosi expo di Yogyakarta. Sebelumnya kita juga sudah ikut expo di Bali dan Jakarta,” ucapnya.

Terakhir, ia juga menyampaikan bahwa salah satu koperarasi yang ada di Kutim yaitu Koperasi Taruna Mandiri akan mengikuti kegiatan Business Matching (BM) yang di sponsori oleh Bank Indonesia (BI) dan didampingi oleh Dinas Koperasi Kutim. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2023 di Jakarta.

Ketua Genpro Kecamatan Teluk Pandan Sahrir mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Kutim dan semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan Road Show Bazar Promosi UMKM titik ke-15 di Kecamatan Teluk Pandan bisa terlaksana dengan baik.

“Kegitan ini tidak lain sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian dan mengenalkan seluruh produk-produk masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Teluk Pandan. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa berlanjut dan menjadi event tahunan. Kepada warga masyarakat Teluk Pandan, ayo kita bersemangat membangkitkan usaha-usaha UMKM kita,” singkatnya. (kopi14/kopi13)