Kodim 0909/Kutai Timur Juara II LKJ TMMD 117

Kaltim, Kutai Timur624 Dilihat

KUTAI TIMUR – Jerih payah personil TMMD 117 Kodim 0909/Kutai Timur berbuah manis. Pasalnya, dalam event pemberian penghargaan di Aula Nasution Lantai 2 Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta Pusat yang dilaksanakan seusai pelaksanaan Video Conference Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-117. Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (ASTER KASAD), Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan, menyerahkan secara langsung hadiah berupa piala dan penghargaan kepada peraih prestasi yang merupakan para pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) pada pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 kategori Media Elektronik Dansatgas dan kategori Wartawan Media Elektronik.

Dalam moment tersebut, Dandim 0909/Kutai Timur Letkol Inf Adi Swastika menerima piala dan piagam penghargaan secara langsung dari ASTER KASAD Mayjen TNI Mochammad Hasan, sebagai juara II Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-117 kategori Media Elektronik, dari jajaran Kodam VI Mulawarman ini terdiri dari, bersama dengan juara satu dari Kodim 1507/Saumlaki.

Prestasi yang membanggakan tersebut menurut Letkol Inf Adi Swastika merupakan buah kerja keras dari seluruh personil yang telah memberikan kontribusi maksimal dalam kegiatan yang menurutnya sarat dengan sukacita dan kebersamaan dengan masyarakat tersebut.

“Penghargaan ini adalah bukti kerja keras personil dan masyarakat dalam TMMD kemarin. Torehan ini adalah catatan bahwa sinergitas TNI dan masyarakat itu murni dan terus berkembang. Tentunya hal ini membuat saya bangga. Tanpa personil dan masyarakat prestasi ini akan sulit untuk dicapai,” ujarnya saat dikonfirmasi terkait pemberian penghargaan tersebut, Rabu (13/09/2023).

Pelaksanaan Program TMMD ke-117 di Kabupaten Kutai Timur sendiri menurutnya terbilang sukses membantu mengurangi beban yang dialami masyarakat pada 2 desa Suka Maju dan Desa Makmur Jaya Kecamatan Kongbeng berupa pembangunan jalan penghubung antar desa yang semula menempuh jarak 4-5 km saat ini di tempuh dengan jarak 2,7 km yang otomatis mempercepat arus lalulintas dan ekonomi warga sekitar. Pembuatan jembatan, pembuatan rumah layak huni, pembangunan musholla, pengeboran air serta kegiatan di luar non fisik yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0908/Kutai Timur dalam TMMD tersebut menurutnya sangat berdampak positif pada masyarakat.

“Prestasi ini adalah bentuk dari jawaban atas doa masyarakat di sana yang bersyukur atas upaya dan terobosan yang dilakukan pihak Kodim 0909/Kutai Timur. Meski kami telah meraih juara kedua, tentunya tidk membuat kami berpuas diri, namun sebaliknya, kami akan terus memacu semangat dalam pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara yang kita cintai ini demi kejayaan TNI AD,”tegasnya.

Untuk diketahui, selain kegiatan fisik dalam elaksanaan TMMD di Kecamatan Kongbeng tersebut juga terdapat kegiatan non fisik lainnya yang menyentuh masyarakat secara langsung, diantaranya pelaksanaan penyuluhan hukum, penyuluhan keluarga pra-sejahtera, penyuluhan pertanian, penyuluhan wawasan nusantara dan bela negara, penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis, pemberian asupan makanan tambahan bagi penderita stunting, penyuluhan kerukunan hidup beragama, serta penyuluhan siskamling, penyakit masyarakat, serta tidak ketinggalan adalah edukasi dan sosialisasi mengenai bahaya narkoba.(*/Pendim).