Jadi Penyangga IKN,Kutim Harus Mampu Swasembada Beras

Parlementaria1321 Dilihat

TERASKALTIM.ID, SANGATTA – Sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN), Kabupaten Kutai Timur (Kutim) diharapkan kedepan bisa berperan dalam mensuplai kebutuhan masyarakat di IKN, seperti beras dan kebutuhan bahan pokok lainnya.

Namun untuk mewujudkan itu semua, terlebih dahulu Kutai Timur harus bisa swasembada beras dan Bahan Pangan lainnya, agar kedepan betul-betul bisa berperan dalam mensuplai kebutuhan masyarakat di IKN.

“Tapi, yang penting, kita punya niat, Dinas terkait punya rencana yang matang untuk mewujudkannya, pasti ke depan akan bisa diwujudkan. Tentu, bicara masalah ketersediaan beras ke depan, maka Kutim pasti harus mencetak sawah lebih banyak lagi, untuk mendukung produksi gabah, sehingga minimal Kutim bisa swasembada dulu dan pada akhirnya, jika memungkinkan Kutim mensuplai beras ke IKN,” Kata Ketua DPRD Kutim Joni, saat ditemui di ruang kerjanya.

Disebutkan, untuk mewujudkan pencetaakan sawah, itu bisa. Tinggal komunikasikan kedengan pemerintah pusat, agar mengalokasikan anggaran untuk itu. Sebab di Kutim ini banyak lokasi potensisl untuk sawah, namun belum dimanfaatkan. Jika diusulkan ke pusat, itu pasti di setujui.

“Anggaran Kita sebenarnya juga bisa cetak sawah, namun terbatas. Tapi kalau pemerintah pusat, anggarannya besar, yang penting daerah mau, pasti dibantu. Nanti kita kolaborasi saja agar lebih cepat tercapai,” Terangnya

Diakui,  sebenarnya berdasarkan informasi,  kalau urusan cetak sawah anggaran pemerintah pusat itu tersedia. Luar biasa, karena tujuan utamanya memang agar Negara kita bisa swasembada.  “Tinggal dikomunikasikan saja dengan baik, pasti itu akan dibangun,” Tutupnya (j/TK/ADV)