Semakin Dekat dengan Masyarakat, DPK Kaltim Layani Publik di PRK 2023

Kaltim, Samarinda2009 Dilihat

Samarinda- Euforia HUT Kaltim ke-66 terus berlanjut. Tidak hanya menggelar selebrasi dengan upacara dan ramah tamah pada Senin (9/1/2023), rangkaian memperingati hari jadi provinsi yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) tersebut diwarnai dengan Pekan Raya Kaltim (PRK) 2023.

PRK merupakan agenda yang dipersembahkan untuk masyarakat Kaltim dengan rangkaian kegiatan selama satu pekan (9 hingga 14 Januari 2023) meliputi, gerakan masyarakat sehat, pentas seni, hingga wisata belanja UMKM. Tak luput, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim turut berpartisipasi dalam perhelatan tersebut. Kehadiran DPK dikhususkan untuk masyarakat. Bukan tanpa sebab, agar pelayanan pada dinas tersebut dapat lebih mudah diakses serta memperdekat kehangatan DPK dan masyarakat terutama dalam bidang literasi.

Bentuk pelayanan yang diberikan di stan DPK menjawab kebutuhan masyarakat, seperti layanan pembuatan kartu anggota perpustakaan gratis, SIAGA Arsip, Mobil Pustaka Keliling,  hingga dapat mengakses layanan baca buku secara digital melalui aplikasi titikbaca dengan tersedia melalui QR Code yang memudahkan masyarakat.

Terkhusus SIAGA Arsip merupakan layanan yang berfungsi mengamankan data keluarga seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta arsip-arsip berharga lainnya yang dapat terancam hilang maupun rusak dari bencana alam hingga kehilangan.

Tak terlewati, terjadi perisitiwa istimewa juga ketika DPK membuka tendanya dalam pagelaran PRK. Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi, turut mengunjungi stand yang identik dengan baliho papan berwarna jingga tersebut. Hadi sapaan akrabnya, menyambut hangat kehadiran stan DPK dalam PRK.

“Harapan kita dengan 66 Kaltim ini. Kita harus mempersiapkan SDM yang andal. Salah satunya dengan melalui literasi. Niscaya akan membangun Kaltim dan Indonesia,” ungkap Hadi.

Ia juga menambahkan layanan yang diberikan DPK sudah cukup baik dalam hadir secara lebih dekat dengan masyarakat melalui PRK. Sehingga dirinya mengapresiasi stan yang dibuka oleh DPK Kaltim.

PRK Kaltim sendiri akan berlangsung hingga Sabtu, 14 Januari 2023 di Lapangan Parkir Gor Kadrie Oenung dengan berbagai kegiatan yang dapat diikuti oleh masyarakat. Tak luput, dibuka juga berbagai tenant oleh OPD dan UMKM Kaltim yang dapat dikunjungi oleh masyarakat di PRK Kaltim.

Sumber: Humas DPK Kaltim