Motivasi Peningkatan Kinerja Perpustakaan, DPK Kaltim Gelar Lomba Peningkatan Literasi dan Kepustakawanan

Kaltim, Samarinda326 Dilihat

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Provinsi Kaltim menggelar Penganugerahan Penghargaan Lomba Peningkatan Literasi Masyarakat dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022 di Ruang Odah Etam, Rabu (9/10/2022).

Kegiatan yang di selengarakan di Ruang Odah Etam ini diikuti beberapa Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Timur, seperti Kebupaten Berau, Kutai Timur, Bontang, Samarinda, Tenggarong, Balikpapan, Paser dan Penajam Paser utara.

Dalam kesempatan itu, Kepala DPK Kaltim M Syafranuddin menjelaskan jika tujuan kegiatan tersebut untuk memotivasi peningkatan kinerja perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Umum Desa, serta menumbuh kembangkan kegemaran membaca siswa dan kecintaan terhadap karya budaya bangsa, khususnya terhadap  bahan Pustaka dan Perpustakaan.

“Tahapan Pelaksanaan Lomba Peningkatan Literasi dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 untuk masing-masing kategori lomba mulai dilaksanakan sejak 1 September 2022 dan Babak Final ditingkat Provinsi dilaksanakan pada tanggal  8 November 2022,” Kata M Syafranuddin saat memberikan sambutan

Dijelaskannya, Adapun Lomba Peningkatan Literasi dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 dilaksanakan dalam 4 kategori lomba, yaitu, Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik, Lomba Perpustakaan Umum Desa Terbaik, Lomba Bertutur Bagi Siswa SD/Madrasah Ibtidaiyah dan Lomba Penulisan Resensi Buku Bagi Pelajar SLTA.

“Adapun peserta Lomba Peningkatan Literasi dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 dirinci sebagai berikut , Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik diikuti sebanyak 19 Perpustakaan SLTA dari 10 Kabupaten Kota se Kaltim, Lomba Perpustakaan Umum Desa Terbaik diikuti sebanyak 15 Perpustakaan Umum Desa atau Kampung dari 9 Kabupaten Kota se Kaltim, Lomba Bertutur Bagi Siswa SD/Madrasah Ibtidaiyah diikuti sebanyak 8 orang peserta yang merupakan perwakilan juara masing-masing kabupaten kota se Kaltim dan Lomba Penulisan Resensi Buku Bagi Pelajar SLTA diikuti sebanyak 43 peserta dari perwakilan SLTA Kabupaten Kota se Kaltim,” Ucapnya

Selain itu, pemang untuk masing-masing kategori lomba ditetapkan  sebanyak  6 orang atau lembaga masing-masing untuk juara, 1,2, 3  serta juara Harapan 1,2 dan 3. Para pemenang juara 1,2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3 untuk masing-masing kategori lomba akan mendapatkan hadiah berupa plakat, piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan total sebesar Rp. 78.000.000.

Disamping itu untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pemenang 1, 2 dan 3 untuk masing-masing kategori lomba akan diikutsertakan pada kegiatan wisata literasi ke Perpustakaan Nasional RI di Jakarta pada tanggal 10 sampai dengan 12 November 2022. (ADV/TK)