Ribuan Masyarakat Kutim Hadiri Tablik Akbar Das’at Latif

Kaltim, Kutai Timur462 Dilihat

SANGATTA. Ribuan Warga Sangatta mengikuti tablik akbar yang diadakan Polres Kutim di alun-alun Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi Kamis (3/11)  sekitar pukul 21.00 Wita. Tablik akbar yang menghadirlan Ustas Das’at Latif, dilakukan dalam rangka  deklarasi damai pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa di 17 Kecamatan di Kutim.  Selain masyarakat, sebanyak 244 calon Kades, juga ikut dalam tablik akbar tersebut. Dimana sebelum tausiyah dari Ustas, mereka mengucapkan janji untuk mengikuti  pilkades damai, bersih, dan menyatakan siap kalah dan menang.

Dalam tausiyahnya, Das’at Latif meminta agar calon kepala desa mengikuti pilkades dengan jujur dan bersaing dalam program untuk menarik simpati masyarakat. “Banyak-banyak  senyum, ramah, jujur, bnyak berdo’a agar bisa dipilih masyarakat. Jangan main sogok, karena yang menerima sogok dan yang disogok, sama dosanya. Karena kalau kalian main sogok, usai sogok, meninggal, artinya kamu mati dalam kekafiran,”Tuturnya

Untuk itu, tidak usah main sogok, karena orang yang ditakdirkan untuk terpilih memang sudah ada. Biarpun kalian main uang, kalau memang bukan takdirimu untuk jadi kepala desa, maka tetap tidak akan dipilih. “uangmu mungkin diambil, tapi tidak dipilih, sementara kamu sudah bikin dosa,”Terangnya.

Dan kepada yang terpilih nantinya, Ustas meminta agar bekerja jujur, tidak menyalahgunakan uang negara untuk kepentingan pribadimu. “Saya sampai di Polres. Karena yang undang saya ini Kapolres Kutim AKBP Anggoro Wicaksono. Saya dengar dari Kapolres, tahun ini dua Kades diproses hukum karena menyalagunakan uang negara. Saya berharap ini tidak terulang, tidak ada lagi kades terpilih nanti yang berbuat sama, kasihan kalau masuk penjara,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes)  Yuriansyah di lokasi acara mengatakan, Silaturahmi Kebangsaan dan Deklarasi Pilkades Damai Kabupaten Kutim tahun 2022, digelar oleh Polres Kutim. “Kami hanya menghadirkan Calon Kades yang akan mengucakan deklarasi damai,” Imbuhnya Dari pantaun wartawan, dalam tablik akbar ini,  hampir semua pejabat Kutim Hadir. Mulai dari Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua DPRD Arfan, serta seluruh unsur Forkominda, mulai dari Kapolres, Dandin 0909, Dan lanal, Kajari dan lain –lain (ADV/J/TK)