Ratusan Cakades Di Kutim Mengaku Siap Menang dan Kalah

Kaltim, Kutai Timur306 Dilihat

Sangatta – Sebanyak 244 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 77 Desa 17 kecamatan pada Kamis (03/11/2022) mengucapkan Deklarasi Damai dihadapan Bupati, dan Wakil Bupati Kutim, serta sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan ribuan masyarakat lainnya.

Adapun pernyataan Deklarasi Damai tersebut diantaranya seluruh calon kepala Desa mengaku bersedia melaksanakan dan mensukseskan Pemillihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Kutai Timur Tahun 2022/2023 yang damai dan tidak akan menghambat jalannya tahapan pemilihan kepala desa berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi dan ketentuan dari Panitia Permilihan Kepala Desa.

Selanjutnya para calon kepala Desa mengaku bersedia saling menghormati keberadaan dan senantiasa menghindari segala motif dan bentuk kekerasan,” ucap seluruh Calon kepala Desa yang hadir saat mengikuti pembacaan teks Deklarasi Damai oleh Panitia pelaksana.

Selain itu, seluruh calon Kepala Desa mengaku bersedia mengedepankan Kepentingan Bersama demi suksesnya Tahapan Pemilihan dengan selalu bertindak sesuai ketentuan, kapasitas secara rasional, proporsional dan professional.

“Kami bersedia menerima dan mengakui Hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022/2023 dengan sadar dan penuh tanggung jawab, apapun Hasilnya Siap Menang dan Siap Kalah dengan semangat Kompetisi yang Sehat dan Demokratis,” Tutur seluruh Cakades

Lebih lanjut, seluruh Cakades mengaku akan selalu menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Kutai Timur Tahun 2022/2023.

“Demikian Pernyataan bersama ini kami buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar tanpa ada unsur paksaan dari Pihak manapun dan apabila kemudian hari ternyata Pernyataan ini tidak benar maka kami bersedia diambil tindakan sesuai ketentuan Peraturan Perundang – Undangan yang berlaku,” Tutupnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes)  Yuriansyah di lokasi acara mengatakan, Silaturahmi Kebangsaan dan Deklarasi Pilkades Damai Kabupaten Kutim tahun 2022, digelar oleh Polres Kutim. “Kami hanya menghadirkan Calon Kades yang akan mengucakan deklarasi damai,” Imbuhnya (ADV/j/TK)