Di Deklarasi Damai, Cakades Harus Siap Menang dan Kalah

Kaltim, Kutai Timur452 Dilihat

Sangatta – Silaturahmi Kebangsaan dan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa (Cakades) yang digelar di lapangan Heliped, kawasan Bukit Pelangi, pada Kamis (3/11/2022) berlangsung lancar, tertib  dan damai.

Bahkan dalam acara silaturahmi Kebangsaan dan Deklarasi Damai yang diselenggarakan di lapangan heliped kawasan perkantoran Bupati Kutim, Ustadz Das’ad Latif diundang secara khusus untuk memberikan tausiah para Calon Kepala Desa.

Saat memberikan tausiahnya, ustadz Das’ad Latif meminta kepada seluruh Cakades untuk siap menang dan siap kalah. Sehingga dalam proses demokrasi tingkat desa tetap dalam kondisi aman, terib dan damai, pascapilkades nantinya.

Das’ad Latif yang juga Dosen Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar itu mengajak kepada Cakades agar mampu meneladani sifat kepemimpinan baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam serta menghindari praktik kotor saat  Pilkades berlangsung.

“Tidak ada gunaya kalian menang Pilkades, kalau kita terpecah belah. Maka nikmat yang wajib kita syukuri saat ini di Kutim adalah kerana damai dan masyarakat hidup tenteram,” ujar Das’ad yang disambut riuh tepuk tangan ribuan masyarakat yang hadir.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman berharap agar dalam deklarasi damai tersebut bisa dijadikan momentum untuk menciptakan kondisi aman dan kondusif dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan segera di laksanakan serentak di bulan Desember mendatang

“Hendaknya satu sama lain harus saling menghargai. Menang dan kalah itu sudah biasa,” Ucap Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman

Senada dengan yang disampaikan Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang dirinya berharap agar pesta demokrasi ini bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat. Apapun hasilnya mampu diterima oleh semua pihak dengan lapang dada.

“Harapan kita dengan hadirnya kita disini, tadi kita sudah deklarasi mari kita jaga persatuan dan kekompakan, apapun hasilnya pilkades nanti mari kita terima sebagai orang yang berjiwa kasatria. Apalagi tadi sudah menyampaikan deklarasi apapun hasilnya itulah yang terbaik.” Tuturnya (ADV/j)