Tiga Tempat Wisata di Kutim Jadi Unggulan Pemprov Kaltim

Kaltim, Kutai Timur2777 Dilihat

Sangatta – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) nampaknya banyak menyimpan potensi wisata, namun meskipun begitu hanya 3 tempat wisata di Kutim menjadi unggulan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Di provinsi Kaltim, untuk Kutai Timur ada ditetapkan dalam rapat kordinasi di Provinsi, ada 30 destinasi wisata di Kalimantan Timur yang diunggulkan, di Kutai Timur itu ada 3 yang masuk menjadi unggulan Pemprov Kaltim,” Kata Kepala Dinas Priwisata Kutim, Nurullah saat berlangsungnya forum group discussion (FGD)  laporan pendahuluan penyusunan rencana pengembangan pariwisata daerah (RIPPDA) di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim.

Menurut Nurullah ketiga destinasi wisata Kutim yang di unggulkan Pemprov Kaltim tersebut diantaranya adalah yang pertama kars Sangkulirang Mangkalihat, kedua Kawasan pantai Teluk Lombok yang meliputi, pantai Teluk Singkama, Teluk Prancis, dan yang ketiga adalah Pulau Miang.

“Pulau miang ini juga merupakan ke unggulan pemprov Kaltim. Bahkan pemkab Kutim sendiri juga sudah cukup melakukan pembangunan disana, apalagi di pulau Miang juga sudah ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara, selain itu disana juga terdapat budidaya kima,” Jelas nurullah

Sekedar dikehatui, Karst Sangkulirang Mangkaliat yang berada di Kecamatan Karangan, kini sudah masuk 5 besar  di UNESCO sebagai nominasi peninggalan  warisan alam dan cagar budaya dunia.

Sedangkan Pantai Teluk Lombok merupakan kawasan pantai yang menyajikan pemandangan laut dan pantai yang khas sebagai menu utamanya. Lokasi pantai ini juga tidaklah begitu jauh dari pusat Kota Sangatta.

Sementara Pulau Miang merupakan pulau yang terletak di Kecamatan Sangkulirang, Pulau ini menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat memanjakan mata dan membuat para pengunjung akan sangat malas untuk naik ke daratan untuk beberapa saat. Pulau ini memiliki populasi kurang lebih 500 jiwa dan dapat diakses dengan waktu tempuh kurang lebih selama 45 menit hingga satu jam. Untuk menuju pulau ini, akses yang ditawarkan adalah menggunakan long boat. (ADV/TK)