UPT Perpustakaan di Kutim Masih Banyak Yang Kekurangan Stok Buku

Sangatta – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispsip) Kabupaten Kutai Timur (Kutim mengaku jika hingga saat ini sejumlah Perpustakaan yang ada di Kecamatan dan Desa di Kutim, masih kekurangan jumlah buku. Hal tersebut diakui Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan H Akhmad Zais kepada sejumlah awak media beberapa waktu yang lalu.

Menurut H Akhmad Zais berdasarkan data yang dimiliki Dispusip Kutim, jumlah buku di sejumlah perpustakaan di beberapa UPT Perpustakaan di Kecamatan hingga ke Desa-Desa, masih mengalami kekurangan stok Buku-buku.

“Masih kurang, karena rata-rata buku yang ada merupakan buku yang sudah lama,” Kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispsip) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) H Akhmad Zais saat ditemui di Ruang Kerjanya beberapa waktu yang lalu.

Karena itu, dirinya mengaku jika pihaknya juga sudah melakukan pendataan terkait kekurangan buku-buku yang ada di setiap UPT Perpustakaan maupun di Perpustakaan Desa dibawah naungan UPT Kecamatan.

“Kalau pendataan bukunya kami sendiri yang langsung melakukan pendataan sesuai dengan kondisi di lapangan, kalau untuk daerah perkotaan untuk pengadaan bukunya umum, tapi kalau di desa pengadaan bukunya lebih di utamakan ke pengembangan ilmu pengetahuan semisal bagimana cara menanam sawit dan buku-buku terkait pertanian dan peternakan,” Tuturnya

Dijelaskannya, untuk saat ini jumlah Perpustakaan yang ada di Kabupaten Kutai Timur sebanyak 18 Perpustakaan yang terbagi kedalam 4 Unit Pelaksana Teknis (UPT). Seperti UPT Sangatta membawahi, Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Bengalon dan Rantau Pulung.

Sementara UPT Sangkulirang membawahi Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang, dan Karangan, Kaubun. Sedangkan UPT Muara Wahau membawahi Kecamatan Muara Wahau,  Kongbeng, dan Tellen. Selanjutnya UPT Muara Bengkal membawahi Kecamatan Muara Bengkal, Muara Ancalong, Batu Ampar, Long Mesangat, dan Busang.

“Dari ke 4 UPT yang membawahi beberapa kecamatan tersebut, masing-masing Kecamatannya masih membawahi beberapa Perpustakaan di Desa. Seperti UPT Muara Bengkal membawahi 18 perpustakaan Desa, UPT Muara Wahau membawahi 15 Perpustakaan Desa, UPT Sangatta membawahi 10 Perpustakaan Desa, UPT Sangkulirang mebawahi 3 perpustakaan Desa,” Ungkap H Akhmad Zais (ADV/TK)