Mudahkan Pelayanan, DPK Kaltim Berencana Bentuk JAPEK

Kaltim, Samarinda462 Dilihat

Samarinda –Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat. Salah satu yang akan dilakukan yakni berencana membentuk Jaringan Perpustakaan Kaltim (JAPEK).

Kepala DPK Kaltim M Syafranuddin mengatakan JAPEK tersebut bertujuan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan buku yang diinginkan. “Kedepannya, warga Samarinda bisa saja mendapatkan buku dari Balikpapan, Kukar atau Berau karena buku yang dicari tidak ada di Samarinda tetapi ada di luar Samarinda, nah melalui jaringan antarperpustakaan ini semua menjadi mudah dan terkoneksi dengan baik,” bebernya.

Untuk mewujudkan mimpinya itu, mantan Karo ADPIM Setda Kaltim ini menyebutkan dalam waktu tidak lama ia akan mempersiapkan tim IT termasuk aplikasinya, setelah itu menggelar rapat kerja dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se Katim.

“Tahap pertama kami akan bentuk jaringan antarDPK se Kaltim, setelah itu antar Perpustakaan perguruan tinggi dan seterusnya hingga antar sekolah,” bebernya.

Iapun menambahkan, jika cita-citanya untuk membuat JAPER tiada lain untuk memudahkan masyarakat selain itu merupakan tuntutan zaman dimana semua harus serba digital, mudah dan murah.

 “Sesuai harapan Pak Gubernur Isran, kami selalu berusaha memberikan inovasi – inovasi terbaru guna memberikan layanan lebih prima kepada masyarakat. Diharapkan, dengan semakin banyaknya layanan digital, kualitas SDM Kaltim lebih meningkat terlebih menyonsong Ibukota Negara RI pindah ke Kaltim,” bebernya.

Ditanya target diwujudkanya JAPER, mantan Camat Muara Ancalong Kutim ini menandaskan secepatnya karenanya ia menyebutkan kapasitas internet pada DPK ditingkatkan. “Saya akan lakukan rapat dengan tim IT, karena merekalah yang tahu secera teknis apakah server dan jaringan yang ada bisa mendukung atau tidak, kalua belum apa saja yang harus disiapkan,” bebernya. (ADV/Humas DPK Kaltim)