Peringati HUT Kutim, Gubernur Kaltim Pimpin Upacara HUT Kutim ke 23

Kaltim, Kutai Timur472 Dilihat

Sangatta – Pemkab Kutai Timur (Kutim) pada Rabu (12/10/2022) memperingati puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-23 yang ditandai dengan upacara yang di gelar di Halaman Kantor Bupati Kutim.

Makin special karena yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) adalah Gubernur Kaltim Isran Noor yang tak lain merupakan mantan Bupati Kutim periode 2009-2015.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut juga dihadiri langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kasmidi
Bulang, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin, unsur pimpinan Forkopimda, anggota DPRD Kutim,
Camat, Kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, perwakilan perusahaan serta undangan yang tampak memenuhi podium kehormatan.

Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 itu, diawali pembacaan sejarah singkat Kabupaten Kutim oleh Seskab Kutai Timur Rizali Hadi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengucapkan selamat merayakan HUT Kutim ke-23 Tahun, semoga dengan momentum HUT kali ini, masyarakat Kutim makin bahagia dan sejahtera.

“Apalagi tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Kirab Budaya, Pawai Pembangunan, Lomba Olahraga Tradisional, Expo Pembangunan serta kegiatan lainnya yang melibatkan seluruh masyarakat,” Kata Isran Noor saat memberikan sambutan

Selain itu, ia juga berpesan untuk terus menjaga keamanan,  kerukunan dan kedamaian serta semangat dalam merajut rasa persaudaraan dan solidaritas antar sesama.

“Semoga dengan semua yang kita lakukan akan memupuk persatuan dan kesatuan kita semua,” Ucapnya

Iapun juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kutai Timuir, karena di usianya yang ke-23 tahun ini Kutai Timur terus bersemangat melaksanakan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan bersama.

“Beberapa waktu lalu Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan perekonomian, membatasi ruang-gerak orang dan barang. Alhamdulillah saat ini mulai berkurang dan melandai. Oleh karena itu pembangunan harus terus maju tidak boleh terhenti, perekonomian dan kesejahteraan tidak boleh menurun,”Harapnya

Lebih lanjut, saat ini Pemerintah baik pusat dan daerah sudah melakukan pemulihan ekonomi dengan fokus peningkatan usaha produktif dan meningkatkan daya beli masyarakat. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur hendaknya juga segera melakukan terobosan dengan inovasi dan kreatifitas. Perekonomian di Kutai Timur harus kuat, tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Terlebih lagi karena Kutai Timur memiliki sumber daya alam (SDA) yang berlimpah. Di Kabupaten ini sudah berkembang pesat sektor pertambangan, sektor pertanian dan sektor perkebunan yang didukung Kawasan Industri dan Pelabuhan Maloy,” Tuturnya

Selanjutnya, dirinya juga percaya Kutai Timur akan menjadi lumbung pangan dan hortikultura utama bersama daerah lain seperti Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Kutai Barat, sekaligus penyokong kebutuhan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Sepaku Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, dan daerah sekitarnya.

“Saya berharap akan ada banyak kegiatan pembangunan di berbagai sektor yang merupakan terobosan dan inovasi Pemerintah Daerah Kutim bersama Masyarakat yang lebih baik dan maju,” Harapnya

Seperti di sektor UMKM, pariwisata, pendidikan dan pengentasan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja baru.
Terus bangun dan tingkatkan SDM diberbagai bidang,  pemahaman dan pengamalan ajaran dan nilai-nilai keagamaan, sehingga tercipta insan yang beriman dan  bertaqwa, pribadi yang santun dan berakhlak mulia, serta daerah yang aman dan damai.

“Pada hari ini saya mengajak kepada semua pihak, baik di Pemerintahan maupun Masyarakat Kabupaten Kutai Timur pada umumnya, agar tidak malas, tidak Mbayut, tapi rajin bekerja penuh optimistis,” Tutupnya