Pengurus GPMB Dukung DPK Kaltim, Kelola Hotel Atlit Sebagai Pusat Layanan Perpustakaan

Kaltim, Samarinda415 Dilihat

SAMARINDA- Ketua Umum Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kaltim Syafrudin Pernyataan dan Hj Ec Widayani – Ketua Pemiba GMP Kaltim, sama-sama mendukung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim mengelola eks Hotel Atlit di GOR Sempaja Samarinda sebagai pusat layanan perpustakaan Kaltim.

Dukungan mantan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim dan anggota DPRD Kaltim ini, melihat peran perpustakaan dan kerasipan saat ini sudah dibutuhkan masyarakat banyak. Dalam acara Sarapan Pagi Bersama (SPB) di ruang kerja Kadis PK Kaltim, M Syafranuddin, Kamis (1/9) disebutkan ide menggunakan eks Hotel Atlit sebagai pusat layanan perpustakaan merupakan keputusan tepat.

“Selain bisa memanfaatkan asset daerah dengan baik, juga bisa meningkatkan layanan kepada masyarakat terlebih tidak jauh dari eks Hotel Atlit ada perguruan tinggi,” ujar Syafranuddin.

Dalam acara yang dikemas santai itu, Syafranuddin sebagai Kadis PK di dampingi Taufik S.Sos M Si – Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca (PPGM) menyatakan jika instansinya dipercaya mengelola eks Hotel Atlit, kedepannya akan dikelola lebih baik termasuk memanfaatkan ruangan terbukan untuk mendukung aktifitas masyarakat yang disisi lain bisa menambah PAD.

“Ada aula besar dan ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan UMKM, selain itu pada halaman parkir bisa dimanfaatkan untuk parkir serta penyaluran bakat warga Kaltim. Jika banyak yang datang, tentu kami akan berikan layanan keperpustakaan karena nantinya dikembangkan layanan perpustakaan digital melalui program Buncu Baca Etam,” beber pria yang akrab disapa Ivan ini.

Syafranddin Pernyata mengakui kondisi kantor Perpustakaan Kaltim saat ini kurang mendukung aktifitas perpustakaan, selain kerap kebanjiran juga tempat parkir sempit sehingga berdampak terhadap minat berkunjung masyarakat.

“Insya Allah, Pak Gubernur dan Wagub serta Sekda akan mendukung apa yang dicita-citakan, karena perpustakaan juga mendukung peningkatan kualitas pendidikan Kaltim sebagaimana visa dan misinya gubernur,” ujar mantan Karo Humas Kaltim ini seraya menambahkan banyak manfaatnya jika eks Hotel Atlit di kelola Dinas PK. (Humas DPK)