Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Luncurkan SIAGA

Kaltim, Samarinda348 Dilihat

SAMARINDA (22/8-2022) Melihat banyaknya bencana alam di Kaltim termasuk kebakaran pemukiman, menarik perhatian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim. Melalui unit pengelolaan arsip, Senin (22/8) di luncurkan program “SELAMATKAN INFORMASI ARSIP KELUARGA ANDA” (SIAGA).

Program yang bertujuan membantu warga masyarakat ini, dilaunching Wagub Kaltim Hadi Mulyadi bersamaan dengan pemusnahan 2.801 lembar arsip pada Bappeda Kaltim.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) M Syafranuddin menerangkan program yang digagas Dewi Susanti – Plt Kabid Pengelola Arsip ini sesuai amanat Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 dimana peran serta masyarakat diwujudkan dalam ruang lingkup pengelolaan, penyelamatan, penggunaan arsip dan penyediaan sumber daya pendukung serta penyelenggaraan edukasi dan bimbingan teknis tentang penyelamatan dan penataan arsip sejak dini, serta penyelamatan arsip keluarga dari ancaman bencana alam yang datang tanpa bisa diduga-duga.


“Peran serta masyarakat dalam pengelolaan arsip sebagimana yakni menciptakan arsip atas kegiatan yang dapat mengakibatkan munculnya hak dan kewajiban dalam rangka menjamin perlindungan hak-hak ke pendataan dan hak atas kekayaan intelektual serta mendukung keterlibatan kegiatan penyelenggaraan negara, kemudian menyimpan dan melindungi arsip perorangan, keluarga, organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan masing-masing sesuai dengan standar dan ketentuan peraturan perundang-undangan,” terangnya.


Pria yang akrab disapa dengan Ivan ini menyebutkan diluncurkannya SIAGA tepat pada tanggal dan tahun cantik yakni 22822 yang artinya tanggal 22 bulan Agustus Tahun 2022.

“Alhamdulillah, Dinas PK sebagai lembaga kearsipan di Kaltim melakukan jemput bola untuk ikut menyelamatkan arsip-arsip penting yang dimiliki kelurga maupun masyarakat umum. Program SIAGA arsip ini akan terus dikembangkan kedepannya agar semakin mudah diakses dan layanan pemanfaatannya bagi masyarakat Kaltim sebagaimana harapan Gubernur Isran Noor saat saya melapor melaksanakan tugas beberapa pekan lalu,” beber Ivan.(Humas DPK Kaltim)